Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Lawu via Cetho Tutup Sementara Akibat Kebakaran Hutan

Kompas.com - 09/09/2023, 19:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Musim kemarau yang kering tanpa hujan, membuat beberapa gunung di Indonesia kebakaran.

Sebelumnya, kebakaran melanda beberapa gunung, seperti Bromo, Arjuno, dan Sumbing. Kali ini, Gunung Lawu di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, juga kebakaran.

Kompas.com, Sabtu (9/9/2023) memberitakan bahwa terjadi kebakaran di kawasan hutan lindung Gunung Lawu petak 33A, RPH Manyul, BKPH Lawu Utara.

Baca juga: Pendakian Lawu via Candi Cetho Kini Dilarang Solo Hiking

Akibat kebakaran tersebut, jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu pun tutup untuk sementara.

Adapun jalur yang tutup adalah via Cemara Sewu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur dan via Cemara Kandang di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Lawu via Cetho tutup sementara

Jalur pendakian ke puncak Gunung Lawu yang tutup bukan hanya via Cemara Sewu dan Cemara Kandang yang memang bersebelahan.

Baca juga: Gunung Lawu Kebakaran, Pendakian via Cemara Sewu Tutup Sementara

Jalur pendakian Lawu via Candi Cetho di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, juga tutup sementara.

Penutupan jalur pendakian tersebut merupakan tindak lanjut dari surat Perhutani tanggal 9 September 2023 yang memutuskan untuk menutup sementara jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho sejak Sabtu (9/9/2023) mulai 20.00 WIB.

Kebakaran hutan lindung di petak 33 dan 39 masuk KRPH Manyul KPH Lawu Gunung Lawu sisi utara, tepatnya masuk Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang terbakar pada Senin (4/9) kemarin berhasil dipadamkan.KOMPAS.COM/RATNO Kebakaran hutan lindung di petak 33 dan 39 masuk KRPH Manyul KPH Lawu Gunung Lawu sisi utara, tepatnya masuk Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang terbakar pada Senin (4/9) kemarin berhasil dipadamkan.

Kabar penutupan jalur pendakian tersebut juga sudah Kompas.com konfirmasi kepada salah satu pengelola basecamp bernama Eko.

“Iya, jalur pendakian Lawu via Candi Cetho tutup sementara, antisipasi kebakaran,” kata dia kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com