Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Beli Tiket Kapal Feri Jepara-Karimunjawa Online, Bisa Sejak H-60 

Kompas.com - 14/09/2023, 21:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Wisatawan kini sudah bisa membeli tiket kapal feri Jepara-Karimunjawa, dan sebaliknya secara online. Sebelumnya, tiket kapal feri Jepara-Karimunjawa dijual manual di loket pelabuhan.

Tiket kapal feri lintas Jepara-Karimunjawa dapat dibeli secara online mulai Rabu (13/9/2023). Sedangkan, tiket kapal feri lintas Karimunjawa-Jepara dapat dibeli secara online pada hari berikutnya, Kamis (14/9/2023).

Baca juga:

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin menuturkan, calon penumpang dapat membeli tiket kapal feri Jepara-Karimunjawa melalui website trip.ferizy.com.

Ticketing online ini resmi berlaku di Pelabuhan Jepara pada 13 September 2023 dan Pelabuhan Karimunjawa pada 14 September 2023,” ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Kamis (14/9/2023).

Setelah berlaku pembelian tiket online, lanjut Shelvy, maka tidak ada lagi pembelian tiket manual di pelabuhan. Jadi, sebelum masuk pelabuhan diharapkan semua penumpang sudah memiliki tiket.

“Hal ini juga bertujuan untuk menghindari antrian di pelabuhan. Jikapun ada penjualan tiket di pelabuhan hanya untuk contingency plan apabila ada gangguan sistem,” imbuhnya.

Untuk diketahui, saat ini ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan kapal feri Jepara-Karimunjawa, yakni KMP Ferry Siginjai. Selain KMP Ferry Siginjai, penyeberangan Jepara-Karimujawa juga dilayani oleh kapal cepat, KMC Express Bahari yang dioperasikan oleh PT Pelayaran Sakti Inti Makmur.

Adapun kapasitas KMP Ferry Siginjai yakni 202 orang baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan. Selain itu, armada penyeberangan ini mampu mengangkut sekitar 25 unit kendaraan roda dua dan 12 unit kendaraan roda empat.

Baca juga:

Pembelian tiket sejak H-60 

Ilustrasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.shutterstock/Zakki Photo Creative Ilustrasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

Lewat sistem online, lanjut Shelvy, tiket kapal feri Jepara-Karimunjawa sudah bisa dibeli sejak H-60 keberangkatan. Dengan demikian, pengguna jasa dapat merencanakan perjalanannya dengan lebih matang.

Namun, Shelvy menyarankan calon penumpang membeli tiket kapal feri Jepara-Karimunjawa jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan.

“Namun, kami sarankan calon penumpang untuk memiliki tiket maksimal H-1 keberangkatan untuk menghindari tidak kebagian tiket,” tuturnya.

Shelvy memastikan, tidak ada perubahan harga tiket Jepara-Karimunjawa setelah dijual lewat online. Harga tiket KMP Ferry Siginjai adalah Rp 105.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 bagi anak-anak. Daftar lengkap harga tiket kapal feri Jepara-Karimunjawa dapat dilihat di link ini.

“Tidak ada perubahan harga tiket. Hanya saja ada tambahan biaya admin dan ini akan beragam tergantung metode pembayaran yang dipilih, contohnya biaya admin virtual account sekitar Rp 2.220,” jelas Shlevy.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com