Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venesia Tak Masuk Daftar Warisan Dunia Terancam Punah UNESCO, Kenapa?

Kompas.com - 18/09/2023, 13:28 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber AFP,AP

KOMPAS.com - Pada Agustus 2023 lalu, beredar rencana masuknya Venesia, Italia, ke dalam daftar World Heritage in Danger (Warisan Dunia yang Terancam Punah) UNESCO akibat adanya perubahan iklim dan pariwisata massal.

Namun, pada pertemuan Komite Warisan Dunia di Arab Saudi, Kamis (15/9/2023), kota tersebut tidak jadi dimasukkan ke daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO. 

Baca juga:

"Komite telah memutuskan tidak memasukkan Venesia ke daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah," tutur sumber dari UNESCO, dikutip dari AFP, Senin (18/9/2023).

Komite tersebut juga menegaskan kembali keprihatinan mereka terhadap sejumlah tantangan besar yang masih harus dihadapi guna konservasi Venesia yang lebih tepat. 

Ilustrasi padatnya wisatawan di Venesia, Italia.UNSPLASH/LEVI VAN LEEUWEN Ilustrasi padatnya wisatawan di Venesia, Italia.

Progres lebih jauh masih harus dilakukan dan kondisi konservasi Venesia akan diperiksa lagi pada musim panas tahun 2024.

Adapun sebelum pertemuan berlangsung, Direktur Warisan Dunia UNESCO, Lazare Eloundou Assomo menyampaikan bahwa Venesia berada dalam bahaya terkait naiknya permukaan air laut akibat perubahan iklim dan jumlah kunjungan wisatawan yang berlebihan.

Ia menilai, langkah-langkah penanggulangan yang dilakukan Pemerintah Italia "belum cukup".

Baca juga:

Keputusan UNESCO tersebut disambut baik oleh Menteri Kebudayaan Italia, Gennaro Sangiuliano, yang menganggap hal ini merupakan "kemenangan luar biasa bagi Italia dan akal sehat".

Untuk diketahui, Venesia yang terkenal akan kanal dan gondolanya telah masuk daftar warisan UNESCO sejak tahun 1987 berkat "mahakarya arsitektur yang luar biasa".

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com