Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Raya Indrokilo Dikunjungi 1.224 Orang Saat Libur Maulid Nabi

Kompas.com - 28/09/2023, 19:15 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kebun Raya Indrokilo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mencatat jumlah kunjungan wisatawan mencapai 1.224 orang saat hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Kamis (28/9/2023) ini.

"Jumlah pengunjung mencapai 1.224 orang atau meningkat 1.087 orang dibanding hari biasa hanya 137 orang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Indrokilo Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Lilik Triwahyuni, dikutip dari Antara, Kamis (28/9/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, jumlah kunjungan pada akhir pekan selain hari libur nasional bisa mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.

Akan tetapi, pada hari kerja, jumlah kunjungan rata-rata sekitar 100-150 orang per hari, kecuali jika lokasi tersebut disewakan untuk acara tertentu. 

Optimistis target 2023 tercapai

Kawasan Kebun Raya Indrokilo Boyolali.Dok. kebunrayaindrokilo.boyolali.go.id/ Kawasan Kebun Raya Indrokilo Boyolali.

Berangkat dari jumlah kunjungan tersebut, pihaknya optimistis bahwa hasil dari penjualan tiket dengan target Rp 1 miliar pada akhir tahun 2023 dapat terpenuhi.

"Kami dari hasil penjualan tiket masuk pengunjung Kebun Raya Indrokilo Boyolali hingga September 2023 mencapai sekitar Rp 700 juta. Kami optimistis target Rp 1 miliar bisa terpenuhi hingga akhir 2023," ujarnya. 

Hal tersebut, tambahnya, bisa dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan, khususnya saat hari libur. Tempat wisata seluas 8,9 hektar juga menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Boyolali. 

Baca juga:

Sebagai informasi, Kebun Raya Indrokilo terdiri dari beberapa area, antara lain Bahtera Nabi Nuh, Air Terjun Niagara, Taman Labirin, Patung Sosro Birowo, dan Ecological House. Area-area tersebut cukup Instagramable untuk difoto. 

Selain spot Instagramable, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam, sekaligus mengenal aneka jenis tanaman yang ada. 

Harga tiket masuk Kebun Raya Indrokilo mulai Rp 5.500 per orang. Pengunjung bisa menyewa kendaraan listrik untuk menjelajahi tempat wisata ini dengan biaya sewa mulai Rp 50.000.

Baca juga: Mengenal Sedekah Gunung Merapi di Boyolali, Ada Kirab Kepala Kerbau

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com