Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warung di Hargo Dalem Terkena Kebakaran Gunung Lawu, Pendakian Sudah Tutup Sejak 9 September 2023

Kompas.com - 01/10/2023, 19:34 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comGunung Lawu di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dilanda kebakaran hutan.

Kebakaran yang pertama kali terlihat di wilayah Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada Jumat (29/9/2023), bahkan sudah mencapai kawasan warung di Hargo Dalem (kawasan puncak Lawu).

Beredar pula video di media sosial yang menampilkan kondisi warung di kawasan Hargo Dalem Gunung Lawu yang terbakar.

Baca juga: 15 Larangan pada Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho

Salah satu akun media sosial Instagram, yakni @mountnesia, memposting kebakaran warung itu pada Minggu (1/1/2023) pukul 19.00 WIB.

Kebakaran yang melanda kawasan warung di Hargo Dalem itu dibenarkan oleh salah satu anggota relawan Anak Gunung Lawu (AGL) Budi Santoso.

“Menurut kabar dari teman-teman, api memang sudah membakar sebagian warung di Hargo Dalem,” kata dia kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Minggu (1/1/2023).

Ia melanjutkan, kebakaran yang bermula dari Jogorogo, sudah sampai di kawasan Gupakan Menjangan pada Minggu (1/1/2023) siang.

“Di Gupakan menjangan kan banyak padang ilalang, jadi api merembet cepat sekali dan sore sudah sampai kawasan warung,” ujar dia.

Pendakian sudah tutup sejak 9 September 2023

Adapun kebakaran kali ini terjadi saat pendakian Gunung Lawu masih tutup guna mengantisipasi kebakaran hutan.

“Untuk pendakian sudah tutup dari 9 September 2023. Ya tujuannya untuk mengantisipasi kebakaran,” ujar Budi.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang Tutup Sementara Akibat Kebakaran Hutan

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (9/9/2023), Penutupan itu merupakan tindak lanjut dari arahan dalam surat dari Perhutani nomor /002.5/LS/LWU/Divre Jatim, Sabtu (9/9/2023), yakni sebagai berikut: 

Dalam rangka antisipasi kebakaran hutan serta kemananan dan keselamatan para pendaki maupun masyarakat yang beraktivitas di Gunung Lawu, maka jalur pendakian melalui pintu masuk Cemoro Sewu tutup sementara

Pendaki berada di sekitar area Warung Mbok Yem, Gunung Lawu, Jawa Timur, Jumat (29/12/2017). Sejumlah pendaki memanfaatkan momen libur akhir tahun untuk mendaki Gunung Lawu.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki berada di sekitar area Warung Mbok Yem, Gunung Lawu, Jawa Timur, Jumat (29/12/2017). Sejumlah pendaki memanfaatkan momen libur akhir tahun untuk mendaki Gunung Lawu.

Penutupan jalur pendakian Puncak Lawu diberlakukan terhitung mulai Sabtu tanggal 9 September 2023 pukul 17.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan

Penutupan tidak hanya dilakukan di jalur pendakian Cemara Sewu, melainkan seluruh jalur pendakian Gunung Lawu, termasuk Cemara Kandang dan Candi Cetho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com