Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Petilasan Mbah Maridjan: Malam Menyeramkan Saat Erupsi Merapi 2010

Kompas.com - 23/10/2023, 06:06 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Oktober mungkin jadi bulan yang tidak terlupakan bagi mereka yang terdampai erupsi Gunung Merapi tahun 2010.

Dikutip dari Kompas.com (12/3/2023), Gunung Merapi mengalami erupsi besar pada Bulan Oktober 2010, tepatnya pada 26 Oktober 2010.

Letusan itu bahkan jadi yang terbesar, melampaui erupsi Merapi tahun 1872 (siklus 100 tahunan Merapi).

Baca juga: Museum Petilasan Mbah Maridjan, Kenang Dahsyatnya Erupsi Merapi 2010

Akibat erupsi pada 2010, ratusan orang meninggal dunia. Salah satu korban jiwa adalah Juru Kunci Gunung Merapi saat itu, yakni Mas Penewu Suraksohargo atau Mbah Maridjan.

Erupsi besar juga menyebabkan puluhan ribu orang harus mengungsi. Saat itu, tempat pengungsian yang terbesar adalah di Stadion Maguwoharjo.

Kini, sudah 13 tahun berlalu sejak erupsi besar Merapi 2010 itu. Kondisi di wilayah terdampak memang sudah pulih. Namun, kenangannya takkan hilang.

Termasuk bagi penulis yang pada tahun 2010 masih berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mengenang malam menyeramkan saat erupsi Merapi

Kenangan menyeramkan itu makin saya rasakan saat berkunjung ke Museum Petilasan Mbah Maridjan pada Minggu (24/9/2023).

Museum ini dulu merupakan rumah Mbah Maridjan di Dusun Kinahrejo yang jadi salah satu daerah terdampak erupsi Merapi 2010.

Museum Petilasan Mbah Maridjan di Lereng Gunung Merapi, Minggu (24/9/2023)KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Museum Petilasan Mbah Maridjan di Lereng Gunung Merapi, Minggu (24/9/2023)

Saat melihat benda koleksi di museum, mulai dari kendaraan hingga gamelan yang disapu awan panas, ingatan akan erupsi Merapi 2010 seolah muncul lagi.

Rasanya seolah belum lama, sewaktu saya pulang ke kosan pada petang hari Selasa (26/10/2023) setelah siang harinya bolak-balik menerjang abu hasil letusan Merapi, mengantar bantuan logistik ke posko pengungsian Merapi di Pakem, Kabupaten Sleman.

Baca juga: Koleksi di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Ada Tulang Belulang

Kelelahan membuat saya tidur lebih awal usai shalat magrib. Namun, malam harinya saya terbangun.

Hujan pasir dan getaran

Malam itu, saya merasakan getaran. Kaca jendela memang benar begetar. Karena khawatir, saya keluar untuk mengantisipasi apabila datang gempa besar.

Saat itu, terdengar suara gemuruh seperti guntur yang cukup jelas. Saya sempat mengira langit sedang mendung. Ditambah, terdengar suara seperti rintik hujan di genteng.

Kawasan sisi utara Bunker Kaliadem Merapi, Kamis (29/9/2023).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan sisi utara Bunker Kaliadem Merapi, Kamis (29/9/2023).

Namun begitu sampai luar, saya melihat dan merasakan sendiri bahwa ini bukan hujan biasa, melainkan hujan pasir dan kerikil kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com