Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Stasiun Kereta Cepat Padalarang ke Wisata di Lembang Akan Lebih Mudah dengan Transportasi Khusus

Kompas.com - 31/10/2023, 12:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penumpang yang menggunakan Kereta Cepat Whoosh untuk berwisata ke Bandung Barat, terutama Lembang, akan bisa menikmati aksesibilitas yang makin mudah dari dan menuju tempat wisata. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Panji Hermawan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para pengelola wisata di Lembang.

Meski masih belum dilakukan secara masif, Panji mengaku sejumlah tempat wisata di Lembang telah bekerja sama.

Baca juga: Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Gratis Masuk Destinasi Wisata, Ini Caranya

Salah satunya adalah menyiapkan moda transportasi penghubung dari stasiun Kereta Cepat Whoosh guna memudahkan wisatawan.

"Mereka mempersiapkan semacam moda transportasi seperti roda empat atau yang lainnya untuk menuju ke tempat mereka," kata Panji kepada Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Selain itu, ia juga berpesan agar pengelola tempat wisata senantiasa menyambut dan menjadi tuan rumah yang baik dalam menerima kunjungan wisatawan.

"Sudah kami kerja samakan, kami koordinasikan dengan beberapa tempat wisata, misalnya Farmhouse, The Great Asia Africa, Dusun Bambu, dan mereka responsnya bagus," imbuhnya.

Shuttle bus gratis dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang

Lebih lanjut, Panji menjelaskan bahwa saat ini aksesibilitas yang memungkinkan adalah dari Stasiun Padalarang.

Sebab untuk stasiun akhir atau Tegalluar, memang cukup jauh dari beberapa tempat wisata populer di Bandung.

Akses menuju Stasiun Kereta Cepat WhooshDok. KCIC Akses menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh

"Di Padalarang ini aksesibilitasnya sangat memadai untuk kami breakdown wisatawan itu khususnya ke daerah Lembang. Karena Bandung Barat kebanyakan wisatawannya masuk daerah Lembang," ujarnya. 

Adapun jarak dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang menuju beberapa tempat wisata populer di Lembang atau KBB lainnya termasuk cukup dekat. Rata-rata berjarak 13-25 km dengan waktu tempuh mulai 30 menit hingga kurang dari satu jam.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tambah hingga 28 Perjalanan per November, Tarif Rp 150.000

Dari pantauan Kompas.com, hingga hari ini, Selasa (31/10/2023), setidaknya sudah ada tempat wisata, yaitu Dusun Bambu yang menyediakan shuttle dengan rute Stasiun Padalarang-Dusun Bambu pulang-pergi (PP). 

Shuttle ini disediakan setiap hari, gratis Rp 0 bagi penumpang kereta cepat rute Jakarta-Padalarang, dengan syarat pemesanan lewat Whatsapp. T

Tourist Information Center di Stasiun Kereta Cepat Padalarang

Tidak hanya akses transportasi khusus, Panji mengungkap rencana pembuatan pusat informasi turis (Tourist Information Center atau TIC) di Stasiun Kereta Cepat Padalarang.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diujicoba oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/9/2023). Presiden melakukan uji coba naik kereta cepat dari Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur ke Stasiun Padalarang di Jawa Barat. KOMPAS.com/Dian Erika Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang akan diujicoba oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/9/2023). Presiden melakukan uji coba naik kereta cepat dari Stasiun Kereta Cepat Halim di Jakarta Timur ke Stasiun Padalarang di Jawa Barat.

"Sekarang kami lagi merencanakan di stasiun Kereta Cepat Whoosh tersebut membuat pusat informasi turis atau TIC, untuk nanti para pendatang atau wisatawan yang datang, bisa kami sampaikan informasi wisata," ujarnya. 

Pusat informasi turis ini, kata dia, menjadi penting agar wisatawan terutama di luar daerah bisa mengetahui ada wisata apa saja, harga, hingga akses ke sana.

Baca juga: 8 Wisata Dekat Dusun Bambu Lembang, Ada Air Terjun dan Kebun Binatang

"Kami sedang kerjasama dengan pihak PT KCIC maupun PT KAI untuk nanti bisa membuat semacam Tourist Information Center untuk publikasi," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com