Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Freemason di Museum Taman Prasasti: Lokasi, Jadwal, dan Tiket

Kompas.com - 01/11/2023, 20:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin belum banyak yang mengetahui dari banyaknya makam yang ada di Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat, terselip beberapa makam yang disinyalir merupakan makam anggota Tarekat Mason Bebas (Freemason).

Freemason ialah suatu organisasi yang keberadaanya bersifat rahasia. Berakar di Eropa, organisasi ini pada saat itu berperan melindungi kaum terpelajar yang dianggap menyesatkan ajaran gereja.

Baca juga:

"Setelah sukses di Eropa, mereka kemudian pindah ke Inggris, lalu membentuk organisasi bernama Freemason," kata pemandu Pameran Freemason, Iman kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (1/11/2023).

Informasi seputar keberadaan Freemason tersebut, kata Iman, merujuk kepada buku Vrijmetselarij en samenleving in Nederlands-Indie en Indonesie 1764-1962 karya Th.Stevens yang tengah ditampilkan dalam sebuah pameran bertajuk "Hikayat Tarekat Mason Bebas di Indonesia".

Jika tertarik mengetahui lebih lanjut seputar sejarah Freemason dan jejaknya di Indonesia, bisa langsung datang ke pameran ini.

Lokasi, jam buka, dan tiket masuk Pameran Freemason

Lokasi Pameran Freemason

Pameran Jejak Memori “Hikayat Tarekat Mason Bebas di Indonesia” di Museum Taman Prasasti Jakarta, Rabu (1/11/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pameran Jejak Memori “Hikayat Tarekat Mason Bebas di Indonesia” di Museum Taman Prasasti Jakarta, Rabu (1/11/2023).

Pameran Freemason berada di aula Museum Taman Prasasti Jakarta, tepatnya di Jalan Tanah Abang I Nomor 1, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Museum ini jaraknya sekitar 700 meter dari Halte Monas, dan dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 12 menit.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com