Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Ketahui 5 Fakta Bandara Siboru Fakfak Papua Barat

Kompas.com - 23/11/2023, 14:54 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi ) meresmikan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure, Kabupaten Nabire, Papua Tengah, pada hari ini Kamis (23/11/2023).

Kepala Negara menuturkan, peresmian kedua bandara tersebut dapat memicu pertumbuhan sumber perekonomian baru di wilayah tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat dan Bandara Douw Aturure di Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah," ujar Jokowi dilansir siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga:

Ada beragam fakta Bandara Siboru Fakfak yang menarik untuk diketahui sebagai berikut:

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Siboru di Fakfak, Provinsi Papua Barat dan Bandara Douw Aturure di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah pada Kamis (23/11/2023).Dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bandara Siboru di Fakfak, Provinsi Papua Barat dan Bandara Douw Aturure di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah pada Kamis (23/11/2023).

1. Menggantikan bandara lama 

Kehadiran Bandara Siboru menggantikan bandara eksisting saat ini, yakni Bandara Torea yang berlokasi di Dulan Pok Pok, Distrik Fakfak. Jarak kedua bandara tersebut, sekitar 32 kilometer (km) atau satu jam berkendara.

Berdasarkan informasi dari situs Sekretariat Kabinet, Bandara Torea hanya  memiliki landasan pacu sekitar 1.400 meter dan lebar 30 meter. Oleh sebab itu, Bandara Torea belum bisa didarati pesawat berbadan besar.

Karenanya, pemerintah memutuskan untuk membangun bandara baru yakni Bandara Siboru dengan kapasitas yang lebih besar. Diharapkan, pembangunan Bandara Siboru tersebut dapat meningkatkan konektivitas di wilayah Papua Barat.

2. Pembangunan selama tiga tahun, masuk PSN 

Pembangunan Bandara Siboru dimulai pada 2020 lalu. Jadi, pembangunan bandara tersebut membutuhkan waktu selama tiga tahun.

Mulanya, konstruksi Bandara Siboru ditargetkan selesai pada akhir 2022 lalu, berdasarkan informasi dari situs Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Kemudian, operasional bandara mulanya ditargetkan pada semester I 2023, namun kemudian molor.

Untuk diketahui, pembangunan Bandara Siboru Fakfak ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com