Kompas.com - 13/11/2021, 09:13 WIB

KOMPAS.com – Pendar oranye kekuningan terpancar dari ujung laut lepas. Sinarnya yang terang mampu membuat siapapun yang melihatnya akan langsung memicingkan mata.

Terangnya cahaya matahari pada sore itu menyinari deretan kapal kecil dan besar yang tengah berlabuh di Pelabuhan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.

Baca juga: Saatnya ke Piaynemo Raja Ampat, Biasanya Harus Antre Kini Sepi Turis

Pemandangan yang sudah menakjubkan dibuat semakin luar biasa dengan penampakan beberapa burung yang terbang melintasi cakrawala, meski sedikit terhalang oleh kendaraan yang lalu lalang di area pasar.

Seorang wisatawan tengah berjalan menuju area untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Seorang wisatawan tengah berjalan menuju area untuk menikmati pemandangan matahari terbenam di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).

“Kalau mau lihat pemandangan matahari terbenam, bisa ke satu tempat. Nanti lihatnya dari atas tebing, enggak bisa ke tepi pantai,” ujar seorang sopir mobil yang tengah mengantar Kompas.com berkeliling Kota Sorong pada Senin (25/10/2021).

Baca juga: Usulan Kapal Live on Board Raja Ampat untuk Karantina Turis Asing?

Lika-liku perjalanan mengejar sunset

Setelah mendengar usulan itu, kami bergegas menuju tempat yang dikatakan oleh bapak sopir melewati jalur yang berliku.

Di sisi kiri jalan, pemandangan lepas pantai dan sejumlah kapal terlihat dari balik pepohonan tinggi. Beberapa perbukitan juga tampak di kejauhan.

Area makan semi-outdoor yang menghadap langsung ke laut lepas di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Area makan semi-outdoor yang menghadap langsung ke laut lepas di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).

Di sisi kanan jalan, hutan rimba di beberapa titik di sela-sela area perumahan menemani perjalanan.

Jalur yang kami tempuh cukup berliku dan tidak terlalu lebar. Sepanjang perjalanan, kendaraan yang kami tumpangi sesekali berpapasan dengan truk-truk besar.

Baca juga: Wisata Live on Board di Raja Ampat Mulai Diminati Wisatawan Nusantara

Dari perkotaan, kami dibawa melintasi jalur berliku menuju ke arah perumahan warga. Beberapa warung kecil terlihat di tepi jalur.

Jalur yang dilalui mengikuti kontur tanah aslinya. Alhasil, kami melewati banyak turunan dan tanjakan.

Area makan semi-outdoor yang menghadap langsung ke laut lepas di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Area makan semi-outdoor yang menghadap langsung ke laut lepas di Kasuari Valley Beach Resort di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (25/10/2021).

Berdasarkan pengalaman penulis, jalur ini mirip dengan sebuah jalur tembus dari Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah menuju Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur yang sempat dilalui pada 2015.

Baca juga: Noken Papua, Warisan Budaya Takbenda UNESCO yang Jadi Merchandise PON XX Papua 2021

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.