Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Destinasi Wisata Populer 2023 yang Dijadikan Lokasi Syuting

Kompas.com - 19/12/2023, 06:36 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah destinasi wisata mendapatkan sorotan sepanjang 2023 karena dijadikan lokasi syuting film atau serial populer.

Tak hanya tahun ini, faktanya, digunakannya sebuah destinasi sebagai lokasi syuting memang berdampak terhadap kunjungan. 

Baca juga: Tren Pariwisata 2024, Wisatawan Tertarik Kunjungi Lokasi Syuting Film

Para penonton setia tak jarang rela berkunjung ke destinasi filn atau serial kesukaannya meski jauh secara lokasi.

Berikut sejumlah destinasi populer yang menjadi lokasi syuting film atau serial pada 2023. Beberapa di antaranya berlokasi di Indonesia, lho!

Destinasi wisata populer yang jadi lokasi syuting

1. Jalan Sukajadi, Bandung (The Last of Us)

Christine Hakim menjadi salah satu pemain Indonesia yang memerankan serial The Last of UsIMDb Christine Hakim menjadi salah satu pemain Indonesia yang memerankan serial The Last of Us

Pada awal tahun, serial The Last of Us ramai dibincangkan lantaran menjadikan Jakarta latar pusat wabah zombi yang mengerikan.

Aktris senior Christine Hakim dan aktor senior Yayu Unru turut serta dalam serial adaptasi video gim tersebut.

Meski berlatar Jakarta, tetapi warganet Indonesia menebak lokasi syuting terseut diambil di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, versi lama, seperti dikutip dari Kompas.com (25/1/2023).

Baca juga: The Last of Us Tampilkan Jakarta, di Mana Lokasi Syuting Sebenarnya?

Sebab, dalam scene tersebut terdapat jalan raya dua arah. Sementara, Jalan Sukajadi, Kota Bandung sekarang sudah menjadi satu arah.

Dugaan itu berdasarkan sejumlah bangunan ikonik yang berada di Jalan Sukajadi, antara lain toko sepatu Bata, Toko Cahaya Glass, serta keberadaan angkot warna hijau khas Kota Bandung.

2. Taman Nasional Danau Waterton, Kanada (The Last of Us)

Waterton Lakes National Park di Kanada, salah satu lokasi syuting serial The Last of UsShutterstock/Sunsinger Waterton Lakes National Park di Kanada, salah satu lokasi syuting serial The Last of Us

Ada beberapa destinasi yang dijadikan lokasi syuting serial ini. Lokasi lainnya yang juga disoroti adalah Taman Nasional Danau Waterton di Provinsi Alberta, Kanada.

Baca juga: Jadi Lokasi Syuting The Last of Us, Ini 5 Pesona Taman Nasional Danau Waterton

Salah satu set film yang diambil di Taman Nasional Danau Waterton yakni mobil-mobil terbengkalai setengah terkubur dalam salju, seperti dilansir dari Daily Hive.

3. Pulau Sardinia, Italia (The Little Mermaid)

Pulau Sardinia, ItaliaUnsplash.com/REISEUHU Pulau Sardinia, Italia

Pulau Sardinia di Italia menjadi salah satu lokasi syuting film Disney, The Little Mermaid. 

Menurut laman resmi Kementerian Pariwisata Italia, pulau di tengah Laut Mediterania ini terkenal akan perairan dan pantai pasir putihnya.

Baca juga: 5 Fakta Pulau Sardinia, Lokasi Syuting Film The Little Mermaid

Pulau itu memiliki luas area sebesar 24.090 kilometer persegi dengan perkiraan jumlah populasinya pada tahun 2022 sekitar 1,57 juta orang.

@kompastravel Sudah pernah mampir ke museum ini belum? Yapp, ini namanya Museum Kretek, lokasinya ada di Kudus, Jawa Tengah. Museum ini jadi perhatian lagi karena dijadikan lokasi syuting serial Gadis Kretek. Ada apa di museum ini? Tonton videonya sampai selesai ya.. #museumkretek #museumkretekkudus #gadiskretek #wisatakudus ? gadis kretek soundtrack - Shanoon music

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com