Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata di Baturraden yang Hits buat Liburan Tahun Baru

Kompas.com - 18/12/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kecamatan Baturraden merupakan salah satu kawasan wisata populer di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Ada beragam destinasi wisata yang bisa dijumpai di Baturraden seperti air terjun, telaga, taman, dan sebagainya. 

Berada di kaki Gunung Slamet, Baturraden memiliki panorama indah dan udara segar. Tidak heran jika kawasan Baturraden menjadi magnet wisata di Banyumas. 

Baca juga:

Kompas.com merangkum tempat wisata Baturraden yang hits sebagai berikut. 

1. Lokawisata Baturraden 

Lokawisata Baturraden di Banyumas, salah satu obyek wisata populer di Jawa TengahShutterstock/ Joko SL Lokawisata Baturraden di Banyumas, salah satu obyek wisata populer di Jawa Tengah

Berada di ketinggian 640-750 mdpl, Lokawisata Baturraden menawarkan pemandangan Gunung Slamet serta memiliki udara sejuk. Kawasan wisata ini sangat populer dengan atraksi wisata alam dan buatan yang cocok untuk segala usia. 

Pengunjung bisa menyaksikan kesegaran air terjun alias Curug Gumawang dengan ketinggian 25 meter, seperti dikutip dari Visit Jateng. 

Adapula, Pancuran Pitu yakni pemandian air panas alami yang memiliki tujuh pancuran. Lokawisata Baturraden juga dilengkapi dengan danau buatan dengan air mancur di tengahnya. 

Bagi pengunjung anak-anak, tersedia waterpark yang dilengkapi permainan air seperti seluncuran, ember tumpah, dan sebagainya. Selain itu, masih ada spot foto Instagramable, sendang atau sumber mata air alami, warung kuliner, dan sebagainya.

Harga tiket masuk Lokawisata Baturraden cukup ramah kantong, yakni Rp 20.000 saat weekday dan Rp 25.000 saat weekend. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Raya Baturaden Nomor 174, Dusun Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. 

2. Baturraden Adventure Forest 

Salah satu aktivitas di Baturraden Adventure Forest, Banyumas
Dok. Baturraden Adventure Forest Salah satu aktivitas di Baturraden Adventure Forest, Banyumas

Baturraden Adventure Forest atau Rimba Tualang Baturraden adalah ekowisata yang dilengkapi dengan aneka kegiatan petualangan. Meliputi, outbond, gathering, camping keluarga, paintball, canyoning atau susur sungai, dan body rafting

Selain menjajal beragam aktivitas seru, pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan damar dan pinus dengan latar belakang Gunung Slamet. 

Membentang di kaki Gunung Slamet, Baturraden Adventure Forest memiliki luas mencapai 50 hektare. Lokasinya berada di Dusun II Pandak, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Harga tiket Baturraden Adventure Forest berbeda-beda bergantung pada aktivitas yang dipilih dengan kisaran Rp 250.000 hingga Rp 2,5 juta. 

3. Taman Botani Baturraden 

Salah satu greenhouse di Taman Botani Baturraden, Banyumas, Jawa TengahDok. Dinas Pariwisata Banyumas Salah satu greenhouse di Taman Botani Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

Wisata di Baturraden yang hits selanjutnya adalah Taman Botani Baturraden. Bagi pencinta flora, wajib berkunjung ke obyek wisata yang berlokasi di Dusun II Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. 

Taman Botani Baturraden memiliki koleksi sekitar 700 tanaman, dikutip dari Kompas.com (18/9/2023). Koleksi tanaman tersebut seperti anggrek, kaktus, bonsai, pohon pule, dan sebagainya. 

Menariknya, setiap tanaman tersebut, memiliki kode QR di papan informasi sehingga pengunjung bisa mengetahui informasi seputar tanaman. Meliputi, nama, asal tanaman, karakter, dan fungsinya. 

Taman Botani Baturraden memiliki empat greenhouse, yang menjadi tempat tanaman anggrek, kaktus, bonsai, dan bromelia, dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas. Harga tiket masuk untuk Taman Botani Baturraden cukup ramah kantong, yakni Rp 15.000 pada weekday dan Rp 20.000 pada weekend.

4. Kebun Raya Baturraden 

Ilustrasi Kebun Raya Baturraden di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.Dok. Kebun Raya Baturraden Ilustrasi Kebun Raya Baturraden di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kebun Raya Baturraden berada di ketinggian 702-1.076 mdpl, tepatnya di Jalan Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (6/2/2023), terdapat sekitar 700 jenis tanaman di kebun raya ini. Mulai dari anggrek, kantong semar, tanaman herbal, bonsai, dan sebagainya. 

Selain mengenal banyak jenis flora, pengunjung dapat berfoto di aneka spot Instagramable. Harga tiket Kebun Raya Baturraden dibanderol Rp 20.000 pada weekday dan Rp 25.000 pada weekend. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com