Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Nol Kilometer di Indonesia, Tak Hanya di Sabang

Kompas.com - 18/12/2023, 08:49 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sabang terkenal dengan titik nol kilometer sebagai salah satu spot wisatanya.

Padahal, titik nol kilometer juga bisa ditemukan di banyak kota di Indonesia. Beberapa di antaranya juga populer sebagai tempat wisata.

Terbaru, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga sudah memiliki titik nol kilometer yang kerap dimanfaatkan warga untuk berwisata atau sekadar berfoto.

Adapun titik nol kilometer selalu ditandai dengan monumen atau pal kecil. Keberadaan titik nol kilometer di beberapa daerah Indonesia biasanya sebagai patokan pengukuran jarak yang ada di kota hingga negara. 

Baca juga: 23 Lokasi Titik Nol Kilometer di Indonesia, dari Aceh hingga Papua

Namun selain itu, titik nol kilometer juga berfungsi sebagai referensi pembangunan dalam suatu wilayah.

berikut lokasi wisata titik nol kilometer di Indonesia yang dapst kamu kunjungi, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

1. Titik Nol Kilometer Nusantara

Sarmili beserta istri dan anak-anaknya yang berasal dari Balikpapan. Mereka khusus mendatangi Titik Nol Kilometer di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk berlibur pada Minggu (22/5/2022).KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON Sarmili beserta istri dan anak-anaknya yang berasal dari Balikpapan. Mereka khusus mendatangi Titik Nol Kilometer di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, untuk berlibur pada Minggu (22/5/2022).

Salah satu titik nol kilometer terbaru ada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lokasinya ada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Penanda titik nol kilometer berupa monumen setinggi 50 sentimeter yang telah diresmikan pemerintah pada 2022.

Menjadi patokan infrastruktur pembangunan Ibu Kota baru Indonesia, tugu nol kilometer di Nusantara juga mulai ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mengetahui pembangunan IKN.

Baca juga: Pengalaman Berkunjung ke Titik Nol, Lokasi IKN Nusantara

Selain melihat tugu nol kilometer, pengunjung juga bisa menikmati udara segar dan memacu adrenalin di Bukit Bengkirai, Kutai Kartanegara.

Tak jauh dari sini juga ada Desa Wisata Pampang di Kota Samarinda, atau dekat Bandara APT Pranoto. Di sini terletak Rumah Adat Betang yang menjadi tempat tinggal Suku Dayak Apokayan.

2. Titik Nol Kilometer Sabang

Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia di Sabang.Shutterstock/Riqial Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia di Sabang.

Titik nol kilometer Sabang kerap disebut sebagai penanda geografis ujung terjauh Barat Indonesia. Lokasinya ada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Tugu nol kilometer di Sabang berdiri di atas tebing dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com