Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang Ragunan Tetap Buka Saat Tahun Baru, Tutup 2 Januari 2024

Kompas.com - 25/12/2023, 18:17 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Taman Margasatwa Ragunan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, menunda hari libur satwa yang biasanya dilaksankan setiap Senin.

Adapun tahun ini, libur Natal dan tahun baru jatuh pada hari Senin.

"Memang sesuai ketentuan, kalau libur satwa berada di tengah hari libur nasional, libur satwa kami undur," kata Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Senin (25/12/2023), seperti dikutip dari Antara.

Aturan mengenai hari libur satwa tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur Satwa pada Taman Margasatwa Ragunan.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kebun Binatang Ragunan Online Lewat Aplikasi

Karena bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru, maka hari libur satwa digeser menjadi 2 Januari 2024 dan akan beroperasi kembali pada 3 Januari 2024.

"Minggu ini tidak ada libur hingga 1 Januari 2024 dan baru libur pada 2 Januari 2024 dan buka kembali pada 3 Januari 2024," ucap Wahyudi.

Selama tidak ada libur satwa, pengelola Taman Margasatwa Ragunan memberikan tambahan multivitamin dan makanan demi menjaga kesehatan satwa.

Terkait angka kunjungan yang meningkat, pihaknya juga menyiapkan tambahan lahan parkir.

"Lahan parkir kita tambahkan karena memang daya tampung ruang parkir tidak mencukupi, jadi kami tampung di dalam area untuk mengantisipasi membeludaknya kendaraan yang antre di depan," ucap dia.

Baca juga: Apakah di Ragunan Boleh Piknik?

Karena mulai memasuki musim hujan, Wahyudi mengingatkan calon pengunjung untuk membawa payung atau jas hujan, serta menggunakan masker di tengah kerumunan karena kasus Covid-19 yang mulai kembali naik.

"Ini kan sudah mulai turun hujan dengan intensitas cukup tinggi dan informasi COVID-19 mulai naik juga, serta bagi pengunjung yang membawa anak-anaknya harus selalu diperhatikan agar tidak terpisah," tambah dia.

Pengunjung tembus 19.000

Hingga Senin pukul 11.00 WIB, Taman Margasatwa Ragunan mencatat ada 19.688 pengunjung, baik anak maupun dewasa, yang datang untuk menyaksikan 2.200 koleksi satwa di sana.

Baca juga: Cara ke Ragunan Naik KRL dari Bogor

Menurut Wahyudi, pada tanggal merah Natal ini pengunjung sudah memadati lokasi sejak pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

"Dari pukul 07.00 WIB sudah mulai dipadati pengunjung dari berbagai daerah pada libur Natal, ini besar kemungkinan akan terus meningkat hingga sore nanti," kata Wahyudi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com