Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Masyarakat Pilih Liburan di Dalam Negeri, Bali dan Yogyakarta Favorit

Kompas.com - 28/12/2023, 18:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Destinasi wisata domestik menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk mengisi libur akhir tahun, berdasarkan hasil studi perusahaan riset Populix yang bertajuk "End of Year Vacation Plan Report 2023".

Berdasarkan studi tersebut, sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia telah merencanakan pergi pada periode libur Natal dan tahun baru 2024.

Bali dan Yogyakarta menjadi dua destinasi terfavorit. Sebanyak 28 persen responden mengatakan, mengunjungi dua destinasi tersebut untuk mengisi waktu liburannya.

"Survei kami menunjukkan bahwa mayoritas responden memilih Bali, Bandung, dan Yogyakarta sebagai destinasi wisata akhir tahun mereka, dengan minggu terakhir bulan Desember diproyeksikan menjadi puncak aktivitas liburan," ujar Co-Founder and COO Populix, Eileen Kamtawijoyo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: 4 Tips Wisata ke Pura Uluwatu di Bali, Datang Pagi Hari

Selain Bali dan Yogyakarta, destinasi lainnya yang juga menjadi favorit wisatawan adalah Bandung, yang dipilih oleh 26 persen responden.

Sementara untuk wisata luar negeri, Jepang menempati urutan teratas dengan 22 persen, diikuti Singapura dengan 18 persen, Korea Selatan dengan 14 persen, Malaysia dengan 11 persen, dan Thailand dengan 10 persen.

Adapun mengenai durasi berlibur, hampir setengah dari responden atau 48 persennya merencanakan liburan selama empat hingga tujuh hari, sementara 31 persennya lebih singkat, yakni satu sampai tiga hari saja.

Baca juga: 4 Tips Wisata ke Pura Uluwatu di Bali, Datang Pagi Hari

Kendati demikian, mayoritas responden merencanakan liburan berdekatan dengan Natal dan tahun baru, dengan mayoritas atau 41 persen memilih pergi pada minggu keempat bulan Desember.

Mayoritas masyarakat menghabiskan momentum akhir tahun bersama saudara, kerabat, atau pasangan.

Mayoritas responden merencakan liburan dengan memesan kebutuhannya melalui platform online, seperti Traveloka (62 persen) dan Tiket. com (42 persen), terutama untuk memesan hotel (82 persen).

Sementara selama berlibur, rata-rata responden menghabiskan anggaran sekitar Rp 5 juta.

"Hal ini mencerminkan masyarakat Indonesia yang semakin bijak dalam menyusun perencanaan anggaran liburan mereka," ucap Eileen.

Baca juga: 7 Tempat Tahun Baru di Yogyakarta, Lihat Kembang Api dari Ketinggian

Adapun survei ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei online di aplikasi Populix terhadap 1.058 responden laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun dengan durasi pengerjaan sekitar 15 menit.

Penelitian dilakukan pada 21-28 November 2023 melalui pendekatan kuantitatif. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com