Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Patuhi Instruksi Pramugari di Pesawat Demi Keselamatan

Kompas.com - 22/01/2024, 15:03 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Keberadaan pramugari di dalam pesawat bukan hanya menyediakan makanan dan minuman kepada penumpang.

Pramugari juga penting untuk keselamatan penumpang, seperti ketika memberikan instruksi atau petunjuk seputar keselamatan sebelum pesawat lepas landas.

Penumpang pun harus memperhatikan instruksi pramugari demi keselamatan, baik sebelum pesawat terbang, maupun ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Baca juga: Pramugari Menyapa Tidak Sekadar untuk Ramah Tamah, Ini Alasannya

Seperti ketika pesawat Japan Airlines mengalami kecelakaan di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang pada Selasa (2/01/2024).

Kejadian tersebut terjadi ketika pesawat Japan Airlines bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai JAL A350 atau pesawat Japan Coast Guard Dash 8.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Melansir CNN Travel, kecelakaan ini menelan korban jiwa sebanyak lima orang di pesawat Japan Coast Guard Dash 8. Untungnya, seluruh 379 orang di dalam pesawat Japan Airlines selamat saat dievakuasi.

Peran pramugari dalam keselamatan penumpang

Seorang mantan pramugari Japan Airlines bernama Urano mengatakan, pramugari memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai keselamatan penerbangan.

Ia tahu bahwa keselamatan penerbangan adalah hasil dari upaya yang dilakukan oleh banyak pihak, termasuk maskapai penerbangan, pemerintah, dan industri penerbangan secara keseluruhan.

Baca juga: Ada Ular Ikut Naik Pesawat di Thailand, Bikin Penumpang Ketakutan

“Saya mengetahui panduan pelatihan dan konten pelatihan awak kabin Japan Airlines, serta konsep keselamatan dan semangat mereka terhadap keselamatan,” kata Urano dikutip dari CNN Travel.

Berdasarkan pemahamannya, Urano menyimpulkan bahwa keselamatan seluruh penumpang pesawat bukanlah keajaiban, melainkan hasil upaya yang dilakukan oleh maskapai Japan Airlines untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Tangkapan layar video siaran dari Sky News yang menampilkan pesawat Japan Airlines terbakar di Bandara Tokyo pada Selasa (2/1/2024).Sky News Tangkapan layar video siaran dari Sky News yang menampilkan pesawat Japan Airlines terbakar di Bandara Tokyo pada Selasa (2/1/2024).

Pramugari dilatih untuk menangani segala hal, mulai dari gangguan penumpang dan potensi insiden perdagangan manusia, hingga evakuasi pesawat yang tidak terduga.

Meskipun kecelakaan pesawat jarang terjadi, awak penerbangan akan mempersiapkan diri secara ekstensif untuk menghadapi keadaan darurat.

Maskapai mengkomunikasikan pesan keselamatan

Maskapai penerbangan melakukan cara untuk mengomunikasikan pesan keselamatan melalui kartu keselamatan, video, maupun demonstrasi.

Selain mempelajari logistik pembukaan pintu darurat dan turun melalui perosotan evakuasi pesawat, pramugari juga mempelajari keterampilan komunikasi yang ahli. Keterampilan komunikasi yang ahli penting untuk keberhasilan evakuasi.

Baca juga: Koper Listrik Boleh Masuk Kabin Pesawat, Asal Penuhi Syarat Ini

Pramugari memberikan instruksi dengan jelas dan tenang, bahkan dalam situasi yang penuh tekanan. Mereka juga dapat memastikan bahwa penumpang mematuhi instruksi tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com