Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Vakum Seabad, Rute Kereta Api Italia-Slovenia Akan Kembali Beroperasi

Kompas.com - 27/01/2024, 17:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Usai vakum lebih dari seabad, rute kereta api yang menghubungkan Italia dan Slovenia direncanakan akan kembali beroperasi.

Dikutip dari CNN Travel, rencana operasional kereta api ini melibatkan perusahaan kereta api Italia, yaitu Trenitalia dengan perusahaan kereta api Slovenia, yaitu SŽ Passenger Transport.

"Kereta Api Slovenia telah mengatakan kepada media bahwa mereka ingin memulai peluncuran kereta api sesegera mungkin, yang berkemungkinan mulai bulan April," dikutip dari laman CNN Travel, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Delizie, Kafe Otentik Italia Pertama yang Baru Buka di Blok M

Dua negara Eropa ini nantinya akan dihubungkan dengan Kereta Frecciarossa, yaitu kereta berkecepatan tinggi dari Italia, yang mampu mencapai kecepatan 300 kilometer per jam di jaringan Italia.

Adapun rute yang dilayani yaitu dari Milan (Italia) menuju Ljubljana (Ibu Kota Slovenia), dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam perjalanan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Rute kereta ini akan melalui kota-kota terkenal di Italia, Venesia dan Trieste. Kemudian berhenti di beberapa wisata alam terkenal di Slovenia, termasuk di Gua Postojna, Gua Skocjan, serta Lipica sebagai tempat kuda Lipizzaner dibiakkan sejak tahun 1580.

Sudah terhubung sejak 1857

Sebagai informasi, Italia dan Slovenia pernah dihubungkan dengan jalur kereta api sejak 1857, tepatnya pada masa kekaisaran Habsburg. Pada saat itu, dua kota penting yang dihubungkan yaitu Trieste (Italia) dan Ljubljana (Slovenia).

Kereta api yang beroperasi pada masa Kekaisaran Habsburg yaitu Perusahaan Kereta Api Selatan (Südbahn-Gesellschaft) adapun rute yang dilayani yaitu dari Wina ke Trieste melalui Ljubljana.

Pada masa itu, Trieste adalah salah satu pelabuhan terpenting di dunia, dan koneksi dengan Wina sangat penting bagi Kekaisaran Habsburg.

Baca juga: Dianggap Mirip Orang-orangan Sawah, Begini Wujud Patung Melania Trump di Slovenia

Namun, setelah Perang Dunia ke-1 berakhir, Trieste berubah menjadi sebuah kota di ujung timur laut Italia yang terpinggirkan.

Koneksi kereta api Trieste dengan Ljubljana, Zagreb, Beograd, atau Budapest pun menjadi terbatas.

“Sudah waktunya untuk memulihkan jalur kereta api yang serius antara Trieste dan Ljubljana," kata jurnalis Giovanni Vale, pendiri proyek Extinguished Countries yang menerbitkan buku panduan ke negara-negara yang sudah tidak ada lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com