Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Business Class dan First Class di Pesawat?

Kompas.com - 30/01/2024, 19:07 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan saat ini mengurangi penawaran first class yang biasanya menawarkan fasilitas mewah serta eksklusif, seperti kursi, tempat tidur, dan layanan pramugari pribadi.

Namun, fasilitas-fasilitas tersebut membutuhkan ruang yang besar dan mahal, sehingga banyak maskapai penerbangan memilih untuk mengurangi jumlah kursi first class dan menambahkan lebih banyak kursi business class.

Hal ini membuat penumpang sulit untuk mengetahui secara pasti apa perbedaan antara first class dan business class.

Baca juga: Mantan Pramugari Ini Ungkap Rahasia Penumpang First Class di Pesawat

Namun, perbedaan antara kedua kelas tersebut dapat bervariasi tergantung pada maskapai dan rute penerbangannya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Beberapa maskapai penerbangan masih menawarkan first class yang mewah dan eksklusif, sementara maskapai penerbangan lainnya menawarkan business class yang lebih mirip dengan first class.

Beda first class dan business class di pesawat

Simak perbedaan antara pesawat first class dan business class dari laman CN Traveller berikut.

1. First class

First class merupakan kursi terbaik dalam perjalanan penerbangan internasional. First class memiliki ruang privasi, makanan yang lebih mewah, dan layanan yang sangat personal.

Baca juga: Beda Fasilitas First Class dan Business Class di Pesawat yang Hampir Mirip

First class berarti lebih banyak ruang dan kabin lebih kecil, sehingga privasi lebih besar. Makanan dan minuman umumnya lebih mahal, mungkin termasuk anggur dan minuman beralkohol yang dijual dalam jumlah ratusan,” kata pakar penerbangan Gary Leff, dikutip dari CN Traveller.

Kabin first class EtihadDok. Etihad Kabin first class Etihad

Penumpang first class akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari staf kabin daripada penumpang business class.

Misalnya, penumpang first class dapat memesan makanan dan camilan kapan saja mereka inginkan, tanpa perlu menunggu seluruh kabin dilayani.

Baca juga: Mantan Pramugari Ini Ungkap Rahasia Penumpang First Class di Pesawat

Selain itu, penumpang first class juga akan mendapatkan pengalaman check-in yang lebih eksklusif dan personal di bandara.

First class dapat berupa kabin dengan empat hingga enam kursi, menawarkan tempat tidur yang luas dan area tempat duduk terpisah, dengan layanan pribadi di dalam pesawat, dan pada saat kedatangan. Akan ada keamanan terpisah dan pengawalan ke pesawat” ungkapnya.

Beberapa maskapai penerbangan juga memberikan penumpang first class jalur yang lebih cepat melalui imigrasi pada saat kedatangan.

2. Business class

Business class menawarkan pengalaman penerbangan premium yang lebih terjangkau daripada first class, terutama jika kamu dapat memanfaatkan miles dan poin.

Baca juga: Intip Kursi Bus Paling Mewah, Adopsi dari Business Class Pesawat

Secara umum, business class menawarkan fasilitas yang lebih mewah daripada kelas ekonomi, tetapi tidak semewah first class.

Suasana kabin baru di kelas bisnis pesawat Singapore Airlines Boeing 777-300 R di Bandara Internasional Soekarno Hattta, Jakarta, Kamis (15/9/2011).  KOMPAS/PRIYOMBODO Suasana kabin baru di kelas bisnis pesawat Singapore Airlines Boeing 777-300 R di Bandara Internasional Soekarno Hattta, Jakarta, Kamis (15/9/2011).

Namun, tingkat privasi yang diberikan di business class dapat bervariasi dari satu maskapai ke maskapai lain.

Beberapa maskapai penerbangan menawarkan kursi business class yang dilengkapi dengan pintu yang tertutup penuh, sehingga penumpang dapat menikmati privasi mereka sepenuhnya.

Baca juga: Menurut Pilot, Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Naik Pesawat

“Secara umum, business class merupakan transportasi yang lebih nyaman, tetapi tetap merupakan produk pasar massal, sedangkan first class dimaksudkan untuk memberikan pengalaman yang mudah,” kata Leff.

Kursi business class terbaik yang tersedia saat ini, dilengkapi fasilitas seperti tempat tidur dan perlengkapan produk kecantikan, seperti penerbangan Qatar Airways, Etihad, Delta, Singapore Airlines, American Airlines, United, Qantas , Japan Airways, dan Cathay Pacific.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com