Kompas.com - 22/01/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan lazimnya menyediakan tiga pilihan kelas penumpang, yakni kelas satu (first class), kelas bisnis (business class), dan kelas ekonomi (economy class).

Tiga kelas tersebut berbeda baik dari sisi harga, layanan, jenis kursi, fasilitas ruang tunggu, makanan, dan proses boarding. 

Namun, tak jarang calon penumpang masih kebingungan membedakan antara first class dan business class.

Baca juga: Mantan Pramugari Ini Ungkap Rahasia Penumpang First Class di Pesawat

Sebab, keduanya mempunyai sejumlah layanan dan fasilitas yang hampir serupa, misalnya tempat duduk lebih luas dibanding economy class, boarding lebih awal, serta beragam makanan dan miniuman.

Berikut perbedaan layanan dan fasilitas penumpang first class dan business class di pesawat yang Kompas.com rangkum.

Tempat duduk first class dan business class

First class dan business class menawarkan tempat duduk di kabin pesawat lebih luas dibanding kelas ekonomi, sehingga penumpang bisa meluruskan dan meregangkan kaki selama penerbangan.

Mengutip Forbes, Sabtu (22/01/2022), first class menawarkan tempat duduk yang lebih nyaman dan privat. Penumpang dapat merebahkan sandaran kursi menjadi tempat tidur.

Bahkan, beberapa maskapai menyediakan tempat tidur khusus yang terpisah dengan tempat duduk bagi penumpang first class, contohnya Singapore Airlines.

Baca juga: 5 Cara Menenangkan Bayi Saat Naik Pesawat Menurut Psikolog

Forbes menambahkan, penumpang first class juga mendapatkan fasilitas lain, seperti sandal, piyama, hingga kamar mandi di dalam pesawat. Contoh maskapai penerbangan yang menyediakan kamar mandi bagi penumpang first class adalah Etihad Airways.

Beberapa maskapai juga menyediakan pintu geser antartempat duduk, sehingga privasi penumpang terjamin, misalnya Garuda Indonesia. Pilihan ini sangat cocok bagi penumpang yang melakukan perjalanan jauh hingga belasan jam di udara.

Halaman:
Sumber Forbes


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.