Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Pangkalpinang Padati Kelenteng Kwan Tie Miau, Tonton Barongsai

Kompas.com - 10/02/2024, 11:03 WIB
Heru Dahnur ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Atraksi barongsai dan naga memeriahkan malam perayaan Tahun Baru Imlek 2575/2024 di kelenteng Kwan Tie Miau, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (9/2/2024).

Ribuan warga memadati halaman kelenteng untuk menonton pertunjukan yang dimulai sejak pukul 18.30 WIB ini. Mereka tampak antusias menonton pertunjukan tersebut, meskipun hujan lebat sempat mengguyur.

Baca juga: Perayaan Imlek di Kelenteng Kwan Tie Miau Pangkalpinang, Ada Pertunjukan Barongsai dan Naga

Suasan di lokasi terasa lebih hangat berkat cahaya kemerahan dari barisan lampion.

"Sudah ditunggu-tunggu, sengaja nonton barong dan naga di Kelenteng Kwan Tie Miau bersama anak-anak," kata salah seorang pengunjung bernama Roni.

Menurut Roni, hujan yang sempat mengguyur sejak siang sampai sore hari tadi sebagai tanda keberuntungan. Bahkan, hujan diyakini identik dengan perayaan Imlek karena dianggap sebagai sumber kehidupan dan kemakmuran.

"Bersyukur ya saat malam pertunjukan ini tak lagi hujan, tapi banyak yang percaya hujan pas tahun baru Imlek pertanda keberkahan," ujarnya. 

Baca juga: Long Weekend Isra Miraj dan Imlek, Ribuan Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata di Batu

Pengunjung sempat membeludak

Peŕtunjukan barongsai dan naga di kelenteng Kwan Tie Miau, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (9/2/2024) malam.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Peŕtunjukan barongsai dan naga di kelenteng Kwan Tie Miau, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (9/2/2024) malam.

Sebanyak enam klub barongsai ambil bagian dalam pertunjukan di Kelenteng Kwan Tie Miau. Masing-masing klub bergantian menggelar atraksi hingga tengah malam sebagai momen pergantian tahun.

Para pengunjung pun terlihat terus berdatangan memadati lokasi. Sebagian besar merupakan pasangan suami istri yang memboyong serta anak mereka. 

Bahkan, pada pukul 20.00 WIB, pengunjung semakin membeludak. Panitia pun meminta pengunjung untuk sedikit mundur dari kelenteng karena akan dilakukan atraksi naga yang membutuhkan area yang lebih luas.

"Mohon mundur sedikit, Bapak, Ibu, karena sebentar lagi ada pertunjukan naga," ujar seorang panitia yang menggunakan pengeras suara.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini lokasi di sekitar kelenteng tampak lebih banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan.

Selain itu, ada juga pedagang mainan anak. Mereka pun menjual berbagai pernak-pernik khas Imlek.

Alhasil, suasana perayaan tahun baru di kelenteng terasa lebih hidup bagaikan pasar malam.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com