Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Hotel Naik 80 Persen Saat Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek

Kompas.com - 12/02/2024, 20:30 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat okupansi hotel saat periode libur panjang Isra Miraj, Kamis (8/2/2024), dilanjutkan dengan libur tahun baru Imlek 2024, Sabtu (10/2/2024), disebut meningkat 80 persen.

"Menurut laporan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), tingkat okupansi hotel naik hingga 80 persen di sejumlah kawasan wisata, seperti di Sumatera Barat, Pekanbaru, sepanjang pantai utara dan selatan Pulau Jawa," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno  di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Jumlah Wisatawan di Kota Malang Selama Libur Imlek dan Isra Miraj Naik hingga 50 Persen

Menparekraf melanjutkan, peningkatan tingkat okupansi hotel juga terjadi di sejumlah daerah, dari Bandung, Yogyakarta, Banyuwangi, hingga Bali.

Momen libur panjang atau long weekend ini, tambahnya, juga mendongkrak perputaran uang di industri pariwisata.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

"Dari segi perputaran uang, (kami) belum bisa memberikan angkanya karena harus dihitung secara presisi. Tapi kalau lihat dari peningkatan okupansi dan (data) pergerakan dari Kementerian Perhubungan, saya optimis dari lima sampai 10 persen akan tercapai peningkatannya," jelas Sandiaga.

Menurut data Kementerian Perhubungan, tambahnya, jumlah pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) saat libur tahun baru Imlek dan Isra Miraj mencapai satu juta pergerakan menggunakan moda transportasi darat.

Sementara itu, jumlah pergerakan wisnus menggunakan moda transporasi udara mencapai 1,2 juta pergerakan, dan pengguna moda transportasi laut mencapai 540.000 pergerakan.

"Ada pelonjakan pemesanan transportasi dan akomodasi, penjualan produk kuliner, usaha restoran dan kafe, penjualan cendera mata, pusat jajanan, dan oleh-oleh (saat libur Imlek dan Isra Miraj," tutupnya.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com