Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Selecta di Kota Batu Terus Berbenah Sambut Libur Lebaran 2024

Kompas.com - 07/04/2024, 16:31 WIB
Nugraha Perdana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Salah satu tempat wisata legendaris jujugan warga Jawa Timur, yakni Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu, diprediksi akan banjir wisatawan saat libur lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kondisi pengunjung yang tidak begitu ramai selama bulan suci Ramadan atau puasa membuat pengelola wisata setempat melakukan pembenahan.

Di antaranya, seperti merawat taman bunga yang menjadi salah satu ikon, dan beberapa wahana permainan. Situasi ini terlihat pada Minggu (7/4/2024), pagi.

Baca juga: 5 Tempat Makan di Dekat Taman Rekreasi Selecta Batu

"Pembenahan taman-taman juga kita lakukan, kita bersihkan, kita tata ulang, bunga yang kurang layak kita ganti baru, supaya berbunga ketika libur Idul Fitri nanti," kata Direktur Selecta, Pramono kepada Kompas.com, Minggu.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Pembenahan wahana juga dilakukan pihak pengelola, seperti penggantian dinamo dan gear box bianglala.

Wahan baru di Taman Rekreasi Selecta

Selain itu, Selecta juga memiliki tiga wahana baru yang bisa dinikmati saat libur lebaran nanti. Harga tiket setiap wahana baru berkisar Rp 10.000.

Ketiganya, yakni Garden Trem atau Kereta Taman dengan panjang lintasan sekitar 210 meter. Kemudian, juga ada Dino Ride yang menggantikan kora-kora atau perahu ayun yang sudah berumur 15 tahun.

Baca juga: Dagangan Diborong Pengunjung, Pelaku UMKM di Selecta Kota Batu Semringah

"Dino Ride ini bisa untuk anak-anak dan bapaknya karena kapasitasnya sampai 100 kilogram. Satu lagi Mini Bumper Car atau semacam bom bom car. Kemudian, Dino Ride dan Mini Bumper Car ini didatangkan dari China," kata Pramono.

Pramono memprediksi akan ada 60.000 wisatawan yang berkunjung ke Selecta selama libur lebaran. Atau, adanya peningkatan sekitar 10-15 persen dibandingkan tahun 2023 lalu.

Sebagai informasi, di tempat wisata sejak era kolonial Hindia Belanda ini, terdapat 12 wahana, dan harga tiket saat ini Rp 50.000 per orang.

Wahana bianglala di Taman SelectaDok. https://selectawisata.id/ Wahana bianglala di Taman Selecta

"Libur lebaran kurang lebih 2 minggu, kalau rata-rata 4.000 kunjungan wisata per hari, maka selama libur lebaran mudah-mudahan bisa 60.000 karena tahun, lalu selama dua minggu itu kurang-lebih 50.000 lebih, jadi kalau saat ini naik 10-15 persen, masih bisa mudah-mudahan," jelasnya.

Dia berharap, kondisi cuaca mendukung atau cerah selama libur lebaran nanti. Sehingga, prediksi peningkatan pengunjung tersebut diharapkan benar-benar dapat terealisasi.

Sebab, selama Ramadan kali ini saja untuk kunjungan wisatawan di Selecta kurang dari 50 orang setiap harinya. Begitu juga ketika akhir pekan, hanya sekitar 100 - 150 pengunjung setiap harinya.

Baca juga: Taman Selecta Batu: Harga Tiket Masuk, Jam Buka, dan Fasilitas 

"Libur lebaran ini adalah momen kita dengan harapan kunjungan wisatawan yang banyak, karena selama bulan puasa benar-benar puasa (sepi pengunjung) kita, sehingga diharapkan bisa memaksimalkan pendapatan kita," katanya.

Diprediksi saat libur lebaran nanti, untuk pengunjung yang datang pada H plus satu sampai tiga didominasi masyarakat yang mudik ke Jawa Timur dari Jakarta, Bali dan Jawa Barat.

Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu, Jawa Timur. KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu, Jawa Timur.

Sedangkan setelah H plus tiga lebaran, diprediksi sebanyak 70 persen pengunjung asal daerah-daerah di Surabaya Raya.

"Kemudian hari raya kupat biasanya wisatawan dari Pasuruan, Probolinggo, Jember atau Lumajang, atau Malang Raya bagian Selatan datang kesini," katanya.

Baca juga: Brakseng Desa Sumber Brantas, Spot Sunset di Kota Batu

Selain taman bunga dan berbagai wahana, di Selecta juga terdapat sekitar 200 UMKM yang menjual kuliner, bunga, buah, dan suvenir yang bisa menjadi buah tangan.

Namun, untuk saat ini rata-rata pedagang masih memilih tutup, dan akan berjualan kembali saat libur Lebaran nanti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com