Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran di Kota Batu, Bisa ke Desa dan Kelurahan Wisata

Kompas.com - 10/04/2024, 11:16 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Kota Batu, Jawa Timur, kerap jadi daerah tujuan wisata dengan udaranya yang sejuk. Dijuluki Swiss kecil di Pulau Jawa, Kota Batu umumnya dipadati kendaraan bermotor ketika momen libur panjang.

Wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati tempat-tempat wisata yang sudah populer, seperti Taman Rekreasi Selecta dan beberapa taman hiburan milik Jatim Park Group.

Baca juga: Libur Lebaran, Desa Wisata di Kota Batu Diprediksi Ramai Wisatawan

Tapi, mereka juga bisa mengunjungi 19 desa dan lima kelurahan yang saat ini telah memiliki keunggulan masing-masing.

Ketua Forum Desa Wisata (Fordewi) Kota Batu, Muchamad Dadi mengatakan, hampir seluruh desa/kelurahan wisata di Kota Batu dinilai aktif dengan tempat wisatanya yang hidup.

"Kalau desa wisata yang sudah terlembaga sudah semuanya, yang aktif dan berkegiatan. Ada Tulungrejo, Sumberbrantas, Punten, Sumbergondo, Bulukerto, Pandanrejo, Bumiaji, Mojorejo. Termasuk Beji, Torongrejo, Ngaglik, Sisir, Oro-Oro Ombo, Pesanggarahan, Songgokerto, aktif itu," jelas Dadi, Senin (8/4/2024).

Menurutnya, jika diambil beberapa desa/kelurahan, tempat wisata terfavorit, di antaranya Desa Tulungrejo, Desa Punten, Desa Sidomulyo dan Desa Bumiaji yang selalu didatangi wisatawan ketika hari libur.

Baca juga:

Siapkan paket wisata saat libur Lebaran 2024

Suasana Kampung Sakura di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur.Dok. Prokopim Pemkot Batu Suasana Kampung Sakura di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur.

Tidak ada persiapan khusus dari para pengelola masing-masing desa/kelurahan wisata dalam menyambut libur Lebaran 2024 ini.

Sebab, hampir seluruh desa/kelurahan wisata di Kota Batu setiap hari libur telah siap menerima kunjungan wisatawan.

"Persiapannya dengan menyiapkan paket-paket wisatanya saja di desa/kelurahan wisata masing-masing, memperkuat koordinasi diantara para pelaku atau pengelola wisata," tuturnya.

Lebih lanjut, di Desa Tulungrejo terdapat aktivitas wisata unggulan, seperti petik apel dan jeep off-road. Kemudian, di Desa Punten terdapat beberapa homestay dan wisata petik jeruk.

"Selanjutnya di Desa Bumiaji ada wisata petik jambu kristal, di Desa Sidomulyo dengan pasar bunganya, di Desa Gunungsari juga sudah siap dengan paketan, di antaranya edukasi petik mawar, tanam mawar, edukasi susu juga ada, kampung ladu juga," terang Dadi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com