Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Kompas.com - 23/04/2024, 19:04 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Pelita Air memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April dengan meluncurkan penerbangan khusus Kartini Flight, Minggu (21/4/2024). 

Sesuai namanya, Kartini Flight melibatkan pilot dan awak kabin yang seluruhnya perempuan. Penerbangan ini menjadi bentuk apresiasi terhadap peran perempuan di Indonesia.

Baca juga:

"Semangat apresiasi tersebut direpresentasikan dengan kehadiran pilot, dan awak kabin yang seluruhnya perempuan pada penerbangan khusus 'Kartini Flight' yaitu penerbangan IP204 rute Jakarta-Surabaya pukul 10.45 WIB dan penerbangan IP205 rute Surabaya-Jakarta pada Minggu 21 April ini," jelas Vice President Corporate Secretary PT Pelita Air Service, Agdya Pratami Putri Yogandari lewat keterangan resmi, Selasa (23/4/2024).

Tidak hanya itu, lanjutnya, Kartini Flight juga sekaligus menunjukkan semakin pentingnya peran perempuan di industri aviasi, yang mana laki-laki masih mendominasi.

Baca juga:

Terapkan kebijakan karbon netral

Ilustrasi pesawat milik maskapai Pelita Air.SHUTTERSTOCK/CORVIN Y.O Ilustrasi pesawat milik maskapai Pelita Air.

Maskapai penerbangan ini juga memberlakukan kebijakan karbon netral pada Kartini Flight. 

"Pelita Air kembali menjalankan praktik penerbangan yang lebih hijau sebagai salah satu usaha kami untuk menjaga lingkungan. Kami menerapkan kebijakan karbon netral yang memungkinkan penerbangan ini untuk lebih berkelanjutan," jelas Agdya.

Dalam penerbangan tersebut, Pelita Air bisa melakukan carbon offset menggunakan carbon kredit yang dimiliki. Dengan demikian, kedua penerbangan tersebut dapat dijadikan carbon neutral flight

Dilansir dari Britannica, Selasa (23/4/2024), carbon offset adalah aktivitas yang mengkompensasi emisi karbon dioksida (CO2) atau gas rumah kaca lainnya, dengan melakukan pengurangan emisi di tempat lain.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com