Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Oleh-oleh Legendaris Khas Solo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Jika sedang berkunjung ke Solo, kamu wajib memburu jajananya. Buah tangan khas Solo bisa menghadirkan cita rasa kuliner lokal di rumahmu.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan buah tangan itu untuk para kerabat, keluarga dan saudara. Berikut enam oleh-oleh khas Solo yang populer untuk kamu bawa pulang:

Serabi ini digulung, lalu dibungkus mengunakan daun pisang dan dihidangkan tanpa menggunakan kuah, sehingga bisa langsung dimakan.

Serabi Notosuman cenderung agak tebal, lembut, kenyal dan legit. Bagian pinggir dari serabi terasa sedikit renyah. Aroma gurih tercium kuat saat dihidangkan.

Serabi ini dibuat dari santan yang dicampur dengan sedikit tepung dan dipanggang di atas api.

Serabi Notosuman sangat nikmat jika dimakan langsung setelah matang dan hangat. Sambil makan kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya.

Jika ingin membawa pulang, lebih baik menunggu membelinya di hari terakhir kunjunganmu di Solo. Karena serabi hanya bisa bertahan dari 1 hingga 2 hari.

Serabi Notosuman memiliki dua varian rasa ada yang cokelat dengan meses coklat dan original tanpa tambahan apapun

Untuk satu paket serabi putih atau original dihargai Rp 26.000 yang berisi 10 serabi. Lalu Rp 27.000 untuk 10 serabi coklat dan Rp 28.000 untuk serabi campur.

Serabi yang berada di jalan Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta ini melayani pembelinya setiap pagi dari jam 05.00 hingga 16.00 WIB

Roti Orion Solo sudah berdiri sejak tahun 1932. Roti semir satu ini mempertahankan resepnya yang simple dan klasik.

Roti semir hanya terdapat dua varian rasa: semir putih dan semir cokelat. Wujud dari roti ini hanya roti berbentuk bulat biasa dan dibelah menjadi dua.

Di tengahnya diberi semir roti. Semir putih terdiri dari mentega putih yang dicampur dengan gula. Bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung pengawet.

Untuk varian cokelatnya, hanya menambahkan meses coklat di atas olesan mentega. Harga satu paket roti sebesar Rp 40.000, satu paketnya terdiri dari 10 roti.

Roti semir Orion sangat nikmat jika disanpat pada pagi hari dengan secangkir kopi atau teh. Roti semir bisa bertahan hingga satu minggu.

Selain roti semir, Toko Roti Orion juga terkenal dengan roti mandarijn lapisnya.

"Biasanya yang sering dibeli roti semir sama mandarijn. Itu yang khasnya Orion," jelas salah satu pegawai Toko Roti Orion saat ditemui oleh Kompas.com, Selasa (24/12/2019).

Roti mandarijn terdapat tiga varian: original, spesial dan kismis. Harganya mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 220.000.

Roti Orion Solo berada di Jalan Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Toko roti ini terletak tidak jauh dari Pasar Gede.

Perbedaannya terletak pada gula merah yang dituangkan di atas intip. Sensasi memakan intip goreng Solo sangat asyik.

Terkstur intip yang renyah serta rasanya gurih berpadu dengan saus gula merah yang lengket dan manis.

Kamu bisa mudah menemukan intip goreng di Solo. Namun, salah satu yang direkomendasikan adalah intip goreng dari Mbah Boniyem.

Nenek lanjut usia ini sudah menjual intip goreng di Pasar Gede sejak tahun 1945. Ia berjualan di Pasar besar Solo itu tepatnya berada di kios 78.

Di depan lapak sederhana miliknya, intip goreng yang sudah matang disajikan. Harga intip perkilo dari Mbah Boniyem dijual mulai dari Rp 50.000. Namun, kamu juga bisa membeli per kemasan dengan harga yang berbeda.

Produk kualitas unggulannya adalah Abon Sapi dan Abon Ayam.\

Toko Abon Mesran berlokasi di Jl. Kalilarangan No. 71, Jayengan, Serengan Kota Surakarta. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Abon Mesran memiliki ciri khas aroma rempah-rempah yang kuat dengan paduan rasa original yang gurih manis dan pedas manis. Abon sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

Di toko Mesran menyediakan jenis abon berbahan dasar daging ayam dan sapi. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp. 60.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung isi dari abon yang dijual. Selain abon kamu juga bisa membeli serundeng.

'Kacang Cino, Gulo Jowo' yang artinya kedua mempelai memiliki darah Jawa dan Tionghoa. Makanan ini juga berbahan dasar dari kacang dan gula Jawa.

Ampyang merupakan satu di antara banyak oleh-oleh khas Solo yang memiliki rasa manis dan gurih. Manis dari gula Jawa dan gurih dari kacang.

Tekstur dari ampyang sendiri sangat renyah dan tidak terlalu keras. Gula Jawa dilelehkan lalu di atasnya diberi taburan kacang.

Ampyang akan mudah dijumpai di Solo. Dari toko oleh-oleh mewah hingga pedagang kaki lima. Rata-rata harga dari sebungkus ampyang dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

Roti kecik terbuat dari ketan yang disangrai dan lebih keras. Roti ini berbentuk sebesar ibu jari dan berwarna coklat. Roti Kecik Ganep ini memiliki manis dan gurih.

Roti ini bisa bertahan lama dalam penyimpanan yang baik. Hal tersebut yang membuat roti ini cocok sekali untuk dijadikan buah tangan khas Solo.

Selain roti kecik, Toko Roti Ganep menawarkan varian snack yang juga cocok dijadikan buah tangan.

Roti di Toko Roti Ganep dijual dengan harga bervariasi. Kamu bisa memburu oleh-oleh dengan harga yang sangat ramah di kantong. Yaitu mulai dari Rp. 5.500.

https://travel.kompas.com/read/2019/12/27/075000627/6-oleh-oleh-legendaris-khas-solo-yang-wajib-kamu-bawa-pulang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke