Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmatnya Xiao Long Bao Bikin Ketagihan

Kompas.com - 14/01/2016, 08:34 WIB
Ersianty Peginusa Wardhani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Din Tai Fung merupakan resto yang terkenal akan chinese food, kini memanjakan lidah masyarakat Indonesia sejak awal mula hadir di negeri ini. Tak hanya di Indonesia, resto ini berhasil membuat "ketagihan" warga di 10 negara belahan bumi.

Kesepuluh negara tersebut, seperti Amerika, Taiwan, Jepang, Singapura, Korea, Australia, Malaysia, China, Thailand, dan termasuk Indonesia di dalamnya.

Membuka cabang keenamnya di Mall of Indonesia (MOI) tepatnya di Ground Floor, Lobby 5, Din Tai Fung mengusung konsep Chinese Food. Sebelum sukses di MOI, Din Tai Fung membuka cabang pada tahun 2005 di Plaza Senayan Arcadia, Pondok Indah Mall 2, Plaza Senayan lantai 3, Pasific Place , Plaza Indonesia, Lotte Shopping Avenue, World Trade Centre, Mall Alam Sutra.

Sedangkan untuk Din Tai Fung Chef's Table alias menggunakan pork pada sajiannya, resto ini membuka di Emporium Pluit Mall, Puri Indah Mall, Mall Taman Anggrek, dan Galaxy Mall Surabaya.

Kompas.com/Ersianty Peginusa Wardhani Ayam Goreng Cabe (depan) menu yang disajikan oleh Din Tai Fung untuk Anda yang menyukai hal yang pedas-pedas dan Tahu Telur Asin (belakang) bisa dipesan sebagai camilan Anda.
Kurang afdol rasanya bila berkunjung ke Din Tai Fung tidak mencicipi Xiao Long Bao Ayam. Pasalnya, menu tersebut merupakan menu favorit pengunjung yang datang dari semua kalangan, baik anak kecil maupun orang dewasa.

Xiao Long Bao merupakan menu semacam dimsum yang di dalamnya menggunakan daging ayam dan diisi dengan kuah kaldu. Cara pembuatan Xiao Long Bao juga harus dengan hari-hati supaya tidak ada kerusakan pada menu yang disajikan.

Setiap Xiao Long Bao harus ditimbang satu per satu supaya mempunyai berat yang sama dan harus mempunyai lipatannya yang sama yakni 18 lipatan. Alasan kenapa harus 18 lipatan supaya bentuk Xiao Long Bao benar-benar bagus dan sempurna. Apabila tidak mengikuti aturan 18 lipatan, Xiao Long Bao yang berisi kuah akan mudah terbuka.

Selain mempunyai rasa yang unik, menu ini mempunyai tekstur yang spesial. Bila anda mencicipi Xiao Long Bao, siap-siap untuk ketagihan akan kuah kaldunya dan daging ayamnya.

Udang Mayonnaise (kiri), Nasi Goreng Udang (tengah), dan Tumis Buncis (kanan) merupakan menu yang disajikan di Din Tai Fung.
Tak hanya Xiao Long Bao yang menjadi menu andalan, namun Nasi Goreng Udang juga menjadi menu pilihan pengunjung bila datang ke resto ini. Perbedaan dari penyajian pada nasi goreng di sini adalah beras yang digunakan merupakan beras taiwan dan  menggunakan 3 rasa telur ala Din Tai Fung.
 
Sambil menyantap nasi goreng, memesan Tumis Buncis dengan Daging Sapi juga menjadi pilihan yang tepat. Pemilihan buncis pada retso ini menggunakan baby buncis yang beda pada umumnya. Bila buncis biasanya terasa akan sayurnya, berbeda dengan cita rasa pada baby buncis yang disajikan di Din Tai Fung.

Perpaduan baby buncis dengan daging sapi ini terasa lebih gurih dan manis.

Meskipun resto ini menyajikan chinese food, namun cita rasanya menyesuaikan lidah masyarakat Indonesia, seperti menu-menu yang dibubuhi dengan cita rasa pedas. Dan setiap ingin mengeluarkan menu baru, Din Tai Fung selalu berkesperimen tentang menu yang ingin diluncurkan supaya menciptakan rasa yang konseisten dan juga sehat.

Biasanya, untuk mnengeluarkan menu-menu baru, Din Tai Fung mempersiapkan 6 bulan dan selalu ada tes berulang sebelum di-launching untuk pengunjung loyalnya.

Menikmati minuman Broccoli Pina Colada (kiri) dan Lychee Mint Freeze (kanan) yang segar dan sehat di Din Tai Fung.
Setelah menyantap menu utama, Anda bisa memesan minuman Broccoli Pina Colada yang disajikan dengan gelas kristal berbentuk miring. Terlihat unik pada penyajiannya, ternyata minuman yang bewarna kuning ini terbuat dari Broccoli, Nanas, Mangga, Potongan Strawberry dan perasan Lemon.

Ketika menyeruput minuman ini, rasa sayuran pada brokoli tidak terasa sama sekali. Hanya rasa segar yang didapati dari nanasnya. Bagi Anda yang sedang menjalankan hidup sehat namun tetap ingin merasakan minuman yang manis, Pina Colada sangat cocok untuk Anda.

Harga yang dipatok pada menu-menu Din Tai Fung juga tidak terlalau mahal, mulai dari Rp 12.000 hingga yang mahalnya Rp 238.000 untuk satu ekor bebek. Ditambah lagi ada promo kartu kredit dari bank tertentu dan Sedayu One Card untuk Anda yang mengunjungi Din Tai Fung cabang Mall of Indonesia.

Golden Lava merupakan bapao yang berisi kuning telur yang meleleh.
Ada lagi yang menarik dari Din Tai Fung, di setiap tahun menjelang Chinese New Year, biasanya resto ini mengeluarkan bao yang disajikan sesuai shio pada tahunnya. Seperti sebelumnya, bao disajikan dengan bentuk kuda, kambing, dan ular. Berhubung tahun ini shio monyet, resto ini akan membuat bao dengan bentuk monyet.

Bao tersebut diberi nama Monkey Bun, yang mana Bao dibentuk menyerupai monyet. Untuk Monkey bun tersedia dari tanggal 15 Januari 2016.

Dan ada menu Yu Sheng, yang dianggap, menu penuh makna. Selain bahan-bahan yang disajikan penuh makna, cara makannya pun juga turut diperhatikan. Seperti makin tinggi menyantapnya, maka kepercayaan mereka akan semakin tinggi pula rezeki yang didapatkan kelak.

Bila Anda ingin memesan Yu Sheng, menu ini sudah bisa dibeli pada tanggal 18 Januari 2016.

Dessert untuk Anda setelah menikmati menu utama, bisa pesan Mango Puding.
Setelah menyantap menu utama dan minuman, jangan lupa untuk menikmati dessert yang menjadi favorit pengunjung setia Din Tai Fung, yakni Mango Puding untuk Anda dinikmati sendiri. Namun, bila Anda ingin menikmati dessert secara bersamaan dengan keluarga, bisa memesan Mango Impian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com