Jangan Takut Makan Durian, Ini 3 Tips Usir "Mabuk" Durian...

Kompas.com - 28/01/2016, 14:16 WIB
Seorang pekerja memilih durian untuk pelanggan di kedai Ucok Durian, Medan, Minggu (9/12/2012). Kedai Ucok Durian menjadi tujuan kuliner para pelancong saat ke Medan. KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQSeorang pekerja memilih durian untuk pelanggan di kedai Ucok Durian, Medan, Minggu (9/12/2012). Kedai Ucok Durian menjadi tujuan kuliner para pelancong saat ke Medan.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
JAKARTA, KOMPAS.com — Musim durian seperti saat ini pastilah momen yang ditunggu pencinta durian, khususnya para penggemar durian lokal. Untuk sebagian besar orang, timbul perasaan takut menyantap durian secara berlebihan karena bisa mengakibatkan “mabuk”.

Buah durian memang nikmat rasanya, apalagi jika durian yang disantap mempunyai tekstur yang legit dan manis. Kurang rasanya bila hanya satu durian yang disantap. Namun, berhati-hatilah bila kebanyakan menyantap buah ini.

(Baca juga: "14 Tahun Cuma Jual Durian Medan dan Bertahan")

Bila Anda mulai merasa mabuk karena terlalu banyak menyantap buah durian, ada beberapa tips tradisional untuk mengusirnya. Berikut beberapa tips yang KompasTravel himpun dari pedagang durian di Jakarta, salah satunya di kawasan Mangga Besar: 

- Minumlah segelas air putih yang dituangkan ke kulit durian yang telah Anda makan. Hal tersebut dipercayai dapat sedikit menghilangkan rasa mual.

- Jika masih mual, cobalah makan buah manggis. Langkah ini bisa menjadi solusi bila air putih masih tidak cukup membuat mabuk Anda hilang.

- Apabila langkah pertama dan kedua tidak berhasil membuat Anda lepas dari mabuk durian, cobalah minum air putih yang telah diberi garam secukupnya layaknya sedang membuat oralit. Menurut sebagian pedagang durian, air garam dipercayai bisa mengusir rasa mabuk setelah menyantap durian.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X