Kompas.com - 12/03/2016, 18:43 WIB
Warga mengikuti senam di halaman Tugu Jam Gadang, Bukittingi, Sumatera Barat, Minggu (19/2/2012). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Warga mengikuti senam di halaman Tugu Jam Gadang, Bukittingi, Sumatera Barat, Minggu (19/2/2012).
EditorI Made Asdhiana
BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Jurnalis asal China yang hadir pada acara malam resepsi 32 tahun pencanangan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, sebagai Kota Wisata mengaku mengagumi pariwisata daerah itu.

"Masyarakat Bukittinggi sangat beruntung karena memiliki kota dengan hawa yang sejuk dan alam yang indah," kata seorang jurnalis dari Nanjing TV, Wu Jiang saat menghadiri acara tersebut di Bukittinggi, Jumat (11/3/2016) malam.

Ia menyebutkan, tidak hanya didukung oleh alam yang indah, masyarakat Bukittinggi juga murah senyum sehingga memberi kesan sangat ramah terhadap sesama.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Untuk masuk ke dalam Lobang Jepang di Bukittinggi, Sumbar, pengunjung harus melewati tangga dengan kedalaman 64 meter.
"Manis adalah kata yang dapat menggambarkan kota ini. Selain alamnya, juga senyum ramah masyarakat di sini memberi kesan manis dan itu sangat mengesankan bagi saya," ujar Wu.

Sementara dari segi kuliner, Wu mengaku menyukai sajian itik cabai hijau yang pedas.

"Saya berasal dari Distrik Nanjing. Di sana kami sangat menyukai itik dan dapat dikatakan sangat memahami kenikmatan menu tersebut," ujarnya.

KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Wisatawan domestik melihat keindahan Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat.
Jurnalis lainnya dari Guangxi TV, Zhang Man Li mengatakan, sangat terkesan dengan penampilan tarian tradisional Sumbar yang dibawakan para penari dalam acara resepsi 32 tahun pencanangan Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata tersebut.

"Tata rias wajah dan pakaian yang dikenakan penari sangat menarik. Bagi saya, budaya adalah salah satu bagian penting dalam mengenalkan pariwisata suatu daerah pada wisatawan yang berkunjung," ujar Zhang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi Melfi Abra mengatakan, acara resepsi itu dihadiri oleh 22 orang jurnalis asal China yang datang bersama rombongan Kementerian Pariwisata.

BARRY KUSUMA Lembah Harau di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.
Acara tersebut juga dihadiri jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan anggota DPRD setempat.

"Selain untuk peringatan 32 tahun pencanangan Bukittinggi sebagai Kota Wisata, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi bidang kepariwisataan daerah ini untuk berkembang lebih baik," kata Melfi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.