Jelang Akhir Pekan Panjang, PT KAI Siapkan 11 Kereta Tambahan

Kompas.com - 28/11/2017, 21:05 WIB
Ilustrasi kereta api KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi kereta api
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur panjang untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (1/12/2017), PT KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 11 kereta api tambahan.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Suprapto menjelaskan hal tersebut dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Selasa (28/11/2017). Suprapto mengatakan 10 kereta api tambahan diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dan satu kereta api diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen.

“Minat masyarakat yang tinggi akan menggunakan moda transportasi KA ini terlihat dari mulai terjual habisnya tiket KA di tanggal-tanggal favorit yakni tanggal 29 November sampai dengan 1 Desember 2017,” kata Suprapto.

Baca juga : 5 Pilihan Destinasi Wisata untuk Keluarga Saat Long Weekend

Sebelas kereta api tambahan yang dioperasikan mulai 29 November sampai 4 Desember 2017 dengan memiliki tujuan Solo (dua kereta api), Bandung (enam kereta api), serta Cirebon (tiga kereta api). Total ada sekitar 5.192 kursi tambahan untuk keseluruhan kereta tambahan.

Suprapto menjelaskan bahwa ada peningkatan penjualan tiket hingga hari ini. Beberapa tujuannya antara lain Bandung, Cirebon, Tegal, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Sebelumnnya PT KAI sudah menyiapkan 51 perjalanan reguler dengan total tempat duduk 29.344 kursi. Perjalanan reguler tersebut diberangkatkan dari Stasiun Gambir sebanyak 26 perjalanan dan dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 25 perjalanan.

Dengan demikian, adanya total perjalanan KA untuk momen liburan kali ini sebanyak 62 perjalanan dengan jumlah tempat duduk sebanyak 34.536 kursi.

Baca juga : Long Weekend di Jakarta? Ini 5 Taman Kota untuk Bersantai

Suprapto mengatakan beberapa tiket kereta api yang masih tersedia antara lain tiket KA Argo Parahyangan Premium, KA Argo Bromo Anggrek, KA Sembrani, KA Taksaka, KA Purwojaya, KA Argo Lawu, dan KA Cirebon Ekspress.

Adapun pada keberangkatan 30 November hingga 1 Desember 2017, dari Stasiun Gambir okupansinya sudah di atas 96 persen. Sementara okupansi di Stasiun Pasar Senen berkisar 98 persen hingga 100 persen.

Suprapto mengimbau agar penumpang memastikan identitas sesuai dengan tiket yang telah dibeli. Anda juga bisa membeli tiket secara online dengan pertimbangkan waktu keberangkatan menuju stasiun keberangkatan.

“Untuk kenyamanan dan keamanan para pengguna jasa kereta api, agar selalu berhati–hati membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen. Pastikan reservasi melalui agen atau channel-channel resmi yang bekerjasama dengan PT KAI,” kata Suprapto.

Penumpang juga diimbau selalu menjaga barang bawaannya juga kesehatan dalam perjalanan, terutama untuk ibu hamil dan lansia.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X