Spot Riyadi, Tempat Terbaik Memotret Gagahnya Candi Prambanan

Kompas.com - 04/06/2019, 14:08 WIB
Candi Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaCandi Prambanan di malam hari dari Spot Riyadi, Sleman, Yogyakarta.

SLEMAN, KOMPAS.com Candi Prambanan merupakan salah satu cagar budaya terbesar di Indonesia. Ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke-8 silam.

Hingga kini, Kemegahan Candi Prambanan masih bisa disaksikan. Saat momen liburan seperti Hari Raya Idul Fitri, candi tersebut selalu diserbu oleh banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu libur untuk berwisata.

Baca juga: Spot Riyadi, Tempat Memandang Megahnya Prambanan dari Ketinggian

Akan tetapi, menikmati kemegahan Candi Prambanan tidak melulu harus berkunjung ke lokasi candi. Ada satu tempat terbaik untuk bisa memandang atau mengabadikan Candi Prambanan, yakni Spot Riyadi.

Spot Riyadi tepatnya berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 20 kilometer dengan waku tempuh kurang-lebih satu jam.

Keindahan Candi Prambanan dari jarak 2.200 meter

Spot Riyadi berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Hal itu membuat pemandangan terbuka ke arah utara tersaji dengan begitu jelas. Candi Prambanan juga menjadi bagian dari pemandangan sebelah utara itu.

Namun jika ditarik garis lurus, jarak antara Spot Riyadi dengan Candi Prambanan adalah sekitar 2.200 meter-an atau 2,24 kilometer. Angka itu tentu menunjukkan jarak yang cukup jauh. Meski demikian, megahnya Candi Prambanan masih bisa dinikmati.

Baca juga: 4 Panorama yang Bisa Disaksikan dari Spot Riyadi, Yogyakarta

Memang jika dilihat dengan mata, Candi Prambanan tampak kecil. Begitu pula saat mengabadikan menggunakan kamera ponsel atau kamera dengan lensa standar, candi Hindu terbesar di Indonesia itu masih tampak kecil.

Oleh karena itu, butuh lensa zoom atau tele dengan panjang fokal maksimal setidaknya 200 mm untuk bisa memotretnya dengan baik. Semakin panjang maksimal focal length pada lensa, maka hasilnya akan lebih baik.

Panorama Malam di Spot Riyadi tanpa menggunakan lensa zoom atau tele.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama Malam di Spot Riyadi tanpa menggunakan lensa zoom atau tele.
Memotret keindahan Candi Prambanan dari Spot Riyadi juga paling pas dilakukan saat malam hari. Cahaya lampu penerangan candi akan menghias kemegahan bangunan yang diperkirakan dibangun pada tahun 850 masehi ini.

Bagi mereka yang tidak mempunya lensa zoom atau tele, keindahan malam hari di Spot Riyadi masih bisa diabadikan. Gemerlap lampu malam hari menjadi obyek foto menarik yang bisa dijepret.

Baca juga: Usai Sahur, Paling Pas Berburu “Sunrise” di Spot Riyadi

Jika cuaca sedang cerah, latar belakang Gunung Merapi akan terlihat jelas sehingga menjadi penghias foto lanskap malam yang memesona.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X