KILAS

Pentingnya Pengembangan SDM untuk Kemajuan Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 04/09/2019, 12:01 WIB
Huta Ginjang, tempat menikmati Danau Toba. https://pesona.travelHuta Ginjang, tempat menikmati Danau Toba.

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan syarat yang harus dipenuhi industri saat melakukan transformasi, termasuk saat membangun atau mengembangkan destinasi wisata.

"Dalam melakukan transformasi, saya menggunakan rumus commitment, competence, dan champions keys,” ujar Arief dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (4/9/2019).

Menurutnya, program pengembangan dan pembinaan SDM dengan pendampingan untuk pelaku wisata oleh perguruan tinggi pariwisata, akan meningkatkan kualitas pelaku atau penyedia jasa wisata itu sendiri.

Untuk itu, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang pun mengadakan Bimbingan Teknis ( Bimtek) untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang pariwisata. Khususnya buat mengembangkan destinasi super prioritas Danau Toba.

Baca juga: Huta Ginjang, Titik Terbaik untuk Menikmati Pemandangan Danau Toba

"Jika pemerintah pusat menyiapkan 3A; Atraksi, Akses dan Amenitas, kami sebagai perguruan tinggi negeri bidang vokasi mendukung lewat penyiapan SDM,” ujar Direktur Poltekpar Palembang, Zulkifli Harahap, Selasa (3/9/2019).

Pasalnya, menurut dia, tanpa SDM yang siap, pengembangan Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas akan berjalan lamban.

Empat bimtek

Tidak tanggung-tanggung, Poltekpar Palembang mengadakan bimtek di empat desa yang ada di tiga kabupaten sekitar Danau Toba.

Zulkifli menerangkan, pihaknya sudah dua kali melakukan bimtek. Pertama, bimtek 'Sport Tourism sebagai Penggerak Ekonomi Inklusif Masyarakat Danau Toba', di Desa Meat, Kabupaten Toba Samosir, pada 21-22 Agustus 2019.

Baca juga: 33 Destinasi Siap Dikembangkan di Danau Toba

Kedua, bimtek 'Pengelolaan Destinasi Sport Tourism di Kawasan Danau Toba', di Huta Ginjang, Kabupaten Tapanuli Utara, pada 30-31 Agustus 2019.

Bimtek ketiga diselenggarakan pada 11-12 September 2019 yang bertajuk 'Preferensi Wisatawan Terhadap Usaha Makan dan Minum di Kawasan Danau Toba'. Kegiatan ini akan dilakukan di Desa Bakkara, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X