Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2019, 17:00 WIB
Albert Supargo,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila kamu pecinta kopi, setidaknya kamu pernah mendengar tentang kopi ini. Gesha atau yang biasa disebut geisha merupakan varietas kopi terkenal di dunia. 

Bukan cuma terkenal karena karakter rasa, tetapi juga dengan harga yang fantastis. Tidak jarang, pecinta  kopi rela mengeluarkan uang hingga belasan juta rupiah untuk mendapat kopi idamannya.

Baca juga: Sempat Dianggap Punah, Apa Itu Kopi Geisha?

Menurut pernyaatan dari CEO ABCD School of Coffee, Hendri Kurniawan dalam wawancara dengan Kompas.com, Selasa (17/9/2019), tahun ini baru terjadi pemecahan rekor harga Gesha dalam lelang yang dilakukan oleh Best of Panama (BOP).

“(Orang) yang menang lelang, orang Jepang, dengan harga 2.000 dollar AS atau sekitar Rp 28 juta per kilogramnya,” ujar Hendri.

Untuk dapat membeli kopi ini, kamu bisa pergi ke laman auction.bestofpanama.org. Disinilah, kopi Gesha dari Panama dilelang untuk para pembeli dari seluruh belahan dunia.

Kamu bisa melihat detail kopi yang kamu beli, mulai dari jenis kopi, nama pertanian, nama petani, tingkat curah hujan, proses kopi, cupping score (nilai assosiasi kopi dunia), ketinggian dan masih banyak lagi.

Bedasarkan hasil pengamatan Kompas.com di lelang online yang diadakan di laman auction.bestofpanama.org, kopi geisha dilelang dari kisaran dari R p5 juta sampai Rp 32 juta per kilogramnya.

Biji kopi Geisha yang berasal dari pegunungan kecil di Panama, sebuah negara di Amerika Tengah. Kopi ini merupakan kopi paling langka dan termahal di sunia. Biji kopi Geisha yang berasal dari pegunungan kecil di Panama, sebuah negara di Amerika Tengah. Kopi ini merupakan kopi paling langka dan termahal di sunia.

Sebenarnya apa yang membuat harga dari Gesha ini mahal?

“Hal yang mempengaruhi secara garis besar adalah kualitas rasa dan supply yang terbatas,” ucap Adi Taroepratjeka, salah satu juri Indonesia Barista Competition (IBC)

Dalam segi rasa, Adi menyatakan sebenarnya kopi lain tidak kalah dengan kopi geisha, hanya saja kopi geisha memiliki profil rasa yang beragam.

“Gesha mempunyai rasanya yang sangat jelas, sehingga mudah untuk seorang barista menjanjikan beberapa karakter rasa,” jelas Adi.

Baca juga: Kopi Mentol Lagi Ngetren, Cocok Diminum Saat Cuaca Panas

 Ia juga menyatakan keunikan inilah yang membuat kopi satu ini menjadi bekal para kompetitor lomba kopi kelas dunia, walau tidak semuanya.

Hal ini tergantung di mana tepatnya kopi ditanam dan metode penanamannya, kamu bisa melihat perbedaan spektakuler dengan rasa yang menonjol.

Sebagai contoh, beberapa orang melaporkan mencicipi mangga, berry, jambu biji, jeruk, pepaya, persik, melati dan nanas. Karena keunikan ini, beberapa pecinta kopi makin mengidolakan kopi ini.

“Tipikal rasa yang dimiliki geisha adalah fruity (rasa buah-buahan) dan floral (aroma yang mirip dengan bunga-bungaan),” sebut Hendri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com