Jusuf Kalla Penikmat Coto Makassar, Ini Makanan Kesukaan Lainnya

Kompas.com - 20/10/2019, 17:12 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berpelukan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Silaturahmi itu juga merupakan ajang perpisahan presiden, wakil presiden serta para menteri kabinet kerja yang telah bekerja sama selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYPresiden Joko Widodo (kanan) berpelukan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) dalam acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Silaturahmi itu juga merupakan ajang perpisahan presiden, wakil presiden serta para menteri kabinet kerja yang telah bekerja sama selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.


KOMPAS.com - Masa jabatan Jusuf Kalla pada periode 2014-2019 sudah habis. Tak banyak yang tahu bahwa mantan Wakil Presiden Indonesia ini gemar menyantap makanan khas kampung halamannya yaitu Coto Makassar.

Selain coto Makassar Jusuf Kalla atau yang sering dipanggil JK juga gemar menyantap jenis makanan yang mengunakan ikan sebagai bahan dasar makanan.

Berikut daftar hidangan yang gemar disantap oleh mantan Wakil Presiden Indonesia ini.

1. Coto Makassar

Coto makassarShutterstock Coto makassar

Sebagai seorang keturunan Sulawesi Selatan, tak heran jika Jusuf Kalla gemar menyantap coto Makassar yang kini mudah ditemui di kota-kota besar di Indonesia.

Jusuf Kalla mengaku dalam salah satu wawancaranya, bahwa dirinya menetapkan Coto Makassar sebagai makanan wajib yang harus ada ketika dirinya dan keluarga besarnya sedang menggelar suatu acara.

Baca juga: Kuliner Wajib di Makassar Tak Hanya Coto dan Palubasa!

Coto Makassar terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Coto biasanya dihidangkan bersama buras atau bisa dengan ketupat. Buras adalah makanan sejenis ketupat namun dibungkus dengan daun pisang.

Dahulu hidangan coto bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan.

Sementara bagian jeroan disajikan untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem pengikut kerajaan.

2. Buras Kotak

Seperti namanya buras kotak ialah buras yang berbentuk persegi atau kotak.

Buras adalah salah satu panganan khas masyarakat Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Kudapan ini dikenal juga dengan nama lapat.

Bentuknya hampir mirip dengan lontong cuma agak pipih dan dimasak dengan cara tersendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X