Perjalanan Jarak Jauh, Pilih Naik Bus atau Kereta?

Kompas.com - 18/11/2019, 08:00 WIB
ilustrasi kereta api Shutterstockilustrasi kereta api

JAKARTA, KOMPAS.COM – Moda transportasi darat hingga kini masih menjadi pilihan untuk perjalanan baik jarak dekat maupun jarak jauh. Pasalnya, akses jalan yang sudah baik mendukung kelancaran perjalanan. 

Bus dan kereta jadi moda transportasi darat paling populer. Apalagi kini akses jalan khususnya di pulau Jawa sudah tersambung dengan adanya Tol Trans Jawa.

Jalan tol yang menghubungkan dua kota besar di Jawa, Jakarta dan Surabaya ini memiliki panjang lebih dari 1.000 kilometer. 

Itu juga yang jadi ketertarikan Kompas.com saat melalui perjalanan menggunakan bus melintasi jalan Tol Trans Jawa dari Ungaran ke Jakarta sedia yang pasca kunjungan ke pabrik bus Laksana Karoseri dari PO SAN. Perjalanan dimulai dari Tol Bawen pada pukul 11.40 WIB.

Baca juga: 3 Rute Bus di Indonesia yang punya Fasilitas Bus AKAP Terbaik

Jalan Tol Trans Jawa memiliki kontur jalan yang rata, membuat perjalanan terasa nyaman. Apalagi bus yang kami naiki merupakan bus eksekutif premium yang memiliki sofa empuk dengan ruang kaki yang luas.

Ruas jalan tol yang relatif lengang juga semakin membuat perjalanan ini terasa menyenangkan. Kondisi tersebut bisa membuat penumpang dengan mudah terlelap dalam perjalanan.

Keuntungan lainnya saat berkendara menggunakan bus dan jalan tol adalah tersebarnya area istirahat di sepanjang jalan. Sehingga jika penumpang merasa lelah atau ingin beristirahat makan, bisa dengan mudahnya berhenti di area istirahat.

Secara total, perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 8,5 jam sudah termasuk waktu beristirahat di area istirahat di Brebes selama dua jam.

Kemacetan mulai mendera saat bus memasuki kawasan tol Cikampek-Jakarta. Saat itulah rasa bosan dan lelah mulai terasa.

Perjalanan jarak jauh dengan kereta api

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X