Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2019, 08:00 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM – Moda transportasi darat hingga kini masih menjadi pilihan untuk perjalanan baik jarak dekat maupun jarak jauh. Pasalnya, akses jalan yang sudah baik mendukung kelancaran perjalanan. 

Bus dan kereta jadi moda transportasi darat paling populer. Apalagi kini akses jalan khususnya di pulau Jawa sudah tersambung dengan adanya Tol Trans Jawa.

Jalan tol yang menghubungkan dua kota besar di Jawa, Jakarta dan Surabaya ini memiliki panjang lebih dari 1.000 kilometer. 

Itu juga yang jadi ketertarikan Kompas.com saat melalui perjalanan menggunakan bus melintasi jalan Tol Trans Jawa dari Ungaran ke Jakarta sedia yang pasca kunjungan ke pabrik bus Laksana Karoseri dari PO SAN. Perjalanan dimulai dari Tol Bawen pada pukul 11.40 WIB.

Baca juga: 3 Rute Bus di Indonesia yang punya Fasilitas Bus AKAP Terbaik

Jalan Tol Trans Jawa memiliki kontur jalan yang rata, membuat perjalanan terasa nyaman. Apalagi bus yang kami naiki merupakan bus eksekutif premium yang memiliki sofa empuk dengan ruang kaki yang luas.

Ruas jalan tol yang relatif lengang juga semakin membuat perjalanan ini terasa menyenangkan. Kondisi tersebut bisa membuat penumpang dengan mudah terlelap dalam perjalanan.

Keuntungan lainnya saat berkendara menggunakan bus dan jalan tol adalah tersebarnya area istirahat di sepanjang jalan. Sehingga jika penumpang merasa lelah atau ingin beristirahat makan, bisa dengan mudahnya berhenti di area istirahat.

Secara total, perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 8,5 jam sudah termasuk waktu beristirahat di area istirahat di Brebes selama dua jam.

Kemacetan mulai mendera saat bus memasuki kawasan tol Cikampek-Jakarta. Saat itulah rasa bosan dan lelah mulai terasa.

Perjalanan jarak jauh dengan kereta api

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com