Masak Ubur-ubur, Ini 3 Tips Mengolahnya

Kompas.com - 19/01/2020, 12:01 WIB
Hidangan berbahan dasar ubur-ubur di Holiday In Jakarta Kemayoran Kompas.com / Gabriella WijayaHidangan berbahan dasar ubur-ubur di Holiday In Jakarta Kemayoran

JAKARTA, KOMPAS.com  - Hewan laut tanpa tulang ini memiliki sengatan yang mematikan. Berani-berani sentuh saat berada di laut, maka bisa mengakibatkan luka ringan hingga kematian.

Di balik kesan seram itu, ubur-ubur merupakan salah satu bahan masakan China yang memiliki banyak penggemarnya.

Baca juga: Sejarah Tuna Bluefin: Makanan Kucing hingga Berharga Miliaran Rupiah

Salad ubur-ubur salah satunya, kerap menjadi makanan pembuka bagi acara resmi yang menyajikan makanan dengan rasa otentik China.

Ubur-ubur yang dijual di pasaran merupakan ubur-ubur yang sudah dikeringkan dan melewati proses pengasinan yang panjang. Hasilnya, ubur-ubur jadi bertekstur yang keras dan rasanya sangat asin.

Chef Agus Surya sebagai Executive Sous Chef Holiday Inn Jakarta Kemayoran membagikan tips mengolah ubur-ubur.

1. Direbus

"Pertama-tama ubur-ubur dipotong-potong terlebih dahulu, lalu direbus dengan air mendidih," jelasnya saat ditemui Kompas.com di Botany Restaurant, Holiday Inn Jakarta Kemayoran, Rabu (15/01/2020).

Ubur-ubur direbus dengan air mendidih, jangan dimasukan saat air belum mendidih.

Lalu rebus dengan air yang mendidih selama lima menit. Setelah lima menit, ubur-ubur bisa ditiriskan.

2. Dicuci

Setelah itu, ubur-ubur ditiriskan dan masukkan kembali ke dalam air untuk dicuci. Proses penyucian menggunakan air yang dingin.

Masukan ubur-ubur ke dalam wadah lalu cuci. Pastikan rasa asin dari ubur-ubur ini sudah hilang. Selain itu, pastikan juga aroma amis dari ubur-ubur sudah hilang.

Baca juga: Hati-hati! Lakukan Hal Ini Jika Bertemu Ubur-Ubur Saat Menyelam

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X