8 Makanan Khas Natuna, Wajib Coba Saat Liburan di Sana

Kompas.com - 03/02/2020, 19:07 WIB
Kernas makanan khas Natuna Sok. Kemdikbud kebudayaan.kemdikbud.go.igKernas makanan khas Natuna


JAKARTA, KOMPAS.com – Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Maka dari itu, tak heran jika makanan khas Natuna didominasi dari bahan berupa hasil laut segar.

Berikut ini delapan makanan khas Natuna yang wajib kamu coba langsung jika liburan di Natuna:

Baca juga: Perahu Jong, Uniknya Permainan Tradisional dari Kepulauan Riau

1. Tabel Mando

Bentuknya bulat besar dan agak pipih. Bahannya merupakan campuran dari berbagai makanan laut seperti daging ikan tongkol, ikan tuna, kepiting, atau bahkan gurita.

Setelahnya, dicampur dengan sagu butir dan kelapa muda parut yang gurih. Cara masaknya mirip dengan martabak, menggunakan sedikit minyak dan dipanggang hingga matang.

2. Kernas

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

sorry for midnight spam #natunafact #kernas

Sebuah kiriman dibagikan oleh Natuna! Kepulauan Riau (@natuna.fact) pada 10 Okt 2017 jam 10:10 PDT

Mirip seperti Tabel Mando, Kernas juga dibuat dari campuran ikan tongkol dan tuna segar yang dihaluskan serta dicampur sagu butir. Seringkali disebut sebagai Kasam, bentuknya mirip nugget. Berbentuk bulat kecil agak pipih dengan butiran sagu yang cukup banyak terlihat.

3. Latoh Silong

Latoh Silong sedikit unik. Biasanya disajikan dalam bentuk mentah, mirip dengan lalapan segar dari Sunda. Latoh Silong sendiri merupakan tumbuhan laut yang juga sering disebut anggur laut. Biasanya disajikan dengan sambal. Bentuknya mirip rumput laut berwarna hijau.

Baca juga: 6 Wisata Kepulauan Riau, Kecantikannya Tak Perlu Diragukan

4. Calok

Jika suka pedas, kamu bisa mencoba penganan ini. Calok merupakan sejenis sambal yang dibuat dari udang kecil. Rasanya pedas segar, biasa disajikan bersamaan dengan ikan asap atau ikan salai dan juga lalapan segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X