Tunda Liburan Kamu, Saatnya Cegah Penyebaran Virus Corona

Kompas.com - 18/03/2020, 07:05 WIB
Traveler di gunung Traveler di gunung

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona masih melanda Indonesia. Pemerintah mengimbau masyarakat berdiam diri di rumah dan menerapkan social distancing jika berada di luar.

Selain itu, pemerintah juga telah menekankan kepada masyarakat yang masih bekerja agar dapat beralih kerja di rumah atau work from home untuk sementara waktu. 

Munculnya instruksi tersebut justru tampak ditanggapi berbeda oleh sebagian masyarakat. Instruksi yang seharusnya dimanfaatkan masyarakat berdiam diri di rumah dan menjaga jarak, justru digunakan untuk liburan.

Baca juga: Wishnutama Imbau Masyarakat Terapkan Social Distancing dan Tidak Bepergian

Baru-baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menekankan untuk berada di rumah dan menerapkan social distancing.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian jika tidak diperlukan, kecuali untuk keperluan mendesak, melakukan social distancing, menerapkan higienitas, dan gaya hidup sehat," kata Wishnutama, seperti dikutip siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diterima Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Wishnutama menambahkan, tempat wisata yang masih beroperasi dapat memperhatikan secara baik waktu operasional dan jumlah kunjungan.

Kemudian, pengetatan pintu masuk berupa pengecekan kesehatan pengunjung hingga memastikan keamanan, kenyamanan, dan higienitas.

Selain itu, turut serta menjaga sanitasi dengan menyediakan akses ke sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun antiseptik.

Lalu menyediakan tisu atau masker, dan melakukan disinfeksi terhadap fasilitas yang ada. 

Baca juga: Anies: Tak Ada Kegiatan Belajar di Sekolah Bukan Berarti Bisa Liburan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X