5 Makanan Ungkep Siap Goreng untuk Menu Sahur Praktis

Kompas.com - 23/04/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi daging ayam. pixabay.com/DagnyWalterIlustrasi daging ayam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan puasa telah tiba, saatnya untuk menyiapkan beragam hal, salah satunya adalah menu sahur.

Baca juga: Contek Masakan ala Susi Pudjiastuti, Resep Tumis Tutut Bumbu Rica

Menu sahur bisa dipersiapkan terlebih dahulu saat pagi hari atau siang hari sebelumnya dengan cara diungkep dan didinginkan.

Chef Ragil Imam Wibowo menjelasakn apa itu teknik ungkep yang memiliki arti teknik memaksa untuk menyerapkan atau memasukkan bumbu kedalam protein dengan api kecil dan sedikit kuah.

Tips ini bisa menjadi salah satu cara praktis untuk menyiapkan sahur. Beberapa makanan yang bisa menggunakan teknik ini adalah sebagai berikut :

1. Ayam goreng

Ilustrasi ayam ungkep bumbu kuning, bisa untuk menu sahur pertama. SHUTTERSTOCK/CHEF TURNIP Ilustrasi ayam ungkep bumbu kuning, bisa untuk menu sahur pertama.

Ayam goreng menjadi salah satu hidangan yang cocok untuk disajikan saat sahur dengan cara diungkep terlebih dahulu. Sehingga kamu tinggal menggorengnya dengan praktis.

“Ayamnya diungkep aja terus disimpan, lalu bisa di-steam terlebih dahulu baru digoreng," jelas chef Ragil, saat dihubungi oleh Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Baca juga: Resep Pelecing Kangkung Bali, Cocok untuk Makan Lauk Ayam Betutu

Ayam goreng bisa terlebih dahulu diungkep dengan bumbu kuning. Setelah itu baru disimpan ke dalam freezer, nanti pada saat menjelang sahur bisa langsung digoreng supaya lebih praktis.

2. Rendang

Ilustrasi Rendang PadangMielPhotos2008 Ilustrasi Rendang Padang

Rendang juga menjadi salah satu hidangan yang dapat diungkep terlebih dahulu dan bisa langsung dipanaskan untuk menjadi santapan sahur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X