[POPULER TRAVEL] Rahasia Bikin Pisang Ijo Enak | Tips Mengolah Daging Beku

Kompas.com - 10/05/2020, 06:06 WIB
Kamar Airy https://www.airyrooms.comKamar Airy

KOMPAS.com - Empat tips membuat pisang ijo, salah satu hidangan khas Makassar, menjadi berita terpopuler Travel Kompas.com pada Sabtu (9/5/2020).

Berita terpopuler lainnya meliputi kondisi mitra Airy mengingat jaringan operator hotel tersebut tutup mulai 31 Mei 2020. Selain itu, ada juga berita tentang maskapai penerbangan yang kembali beroperasi untuk melayani penumpang bersyarat.

Berita terkait resep dan tips masak juga masuk dalam jajaran berita terpopuler. Tepatnya mengenai cara memanfaatkan nasi sisa menjadi cireng dan tips mengolah daging beku.

Berikut berita terpopuler Travel Kompas.com pada 9 Mei 2020.

Rahasia Pisang Ijo Enak, Contek Resep dari Chef Hotel Berbintang

Ilustrasi pisang ijo dari Live Instagram Kompas.Travel yang akan menjadi salah satu hidangan di demo masak bersama Kompas.com Traveldok. Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Ilustrasi pisang ijo dari Live Instagram Kompas.Travel yang akan menjadi salah satu hidangan di demo masak bersama Kompas.com Travel

Eksekutif Chef Suwanta dan Chef de Cuisine Grace Titaheluw dari Hotel Four Points by Sheraton Makassar membagikan tips membuat pisang ijo yang nikmat.

"Pisang ijo yang bikin beda dengan daerah-daerah lain adalah di sirup pisangnya, karena sirup itu hanya ada di Makassar dan asli Makassar," jelas Suwanta dalam Live Instagram sesi #MasakdiRumahAja di Instagram Kompas.com Travel, Jumat (1/5/2020).

Menurut Chef Suwanta dan Chef Grace, terdapat empat hal yang harus diperhatikan supaya pisang ijo buatan kita terasa lebih enak.

Pertama, perhatikan tekstur pisang yang akan digunakan. Pilih yang tidak mudah hancur. Disarankan untuk memakai pisang raja atau pisang kepok.

Kedua, gunakan tepung beras untuk membuat adonan kulit pisang ijo. Supaya tekstur kulit empuk dan tidak terlalu lembek.

Ketiga, saring saus pisang ijo yang berbahan dasar tepung beras dan santan. Sehingga teksturnya lebih lembut dan tidak ada gumpalan.

Keempat, pakai sirup pisang ambon untuk perasa kudapan manis ini. Tidak disarankan untuk menggantinya dengan cairan gula merah.

Selengkapnya, baca pada tautan di bawah ini:

Baca juga: Rahasia Pisang Ijo Enak, Contek Resep dari Chef Hotel Berbintang

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X