Resep Bubur Kanji Rumbi, Bubur Rempah Khas Aceh yang Dibagikan Gratis di Masjid

Kompas.com - 13/05/2020, 19:11 WIB
Bubur Kanji Rumbi Dok. ShutterstockBubur Kanji Rumbi


JAKARTA, KOMPAS.com – Sajian khas Aceh biasanya didominasi dengan rasa bumbu dan rempah yang kuat.

Kuliner dari daerah ini memang tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Salah satu yang paling khas saar Ramadhan adalah bubur kanji rumbi.

“Kalau bulan puasa kita enggak buat (bubur kanji), itu kayak enggak sah bulan puasanya. Ini keistimewaan dari bubur kanji,” ujar Ketua Yayasan Argadia Citra Indonesia Provinsi Aceh Elvirawati pada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Mantan Ketua Pemberdayaan Perempuan Kota Banda Aceh ini mengatakan, saking khasnya bubur kanji rumbi dengan Ramadhan, masjid- masjid di Aceh selalu membagikan makanan ini kepada masyarakat.

Baca juga: 5 Sajian Takjil Khas Aceh, dari yang Manis Legit sampai Pedas Penuh Rempah

"Pada umumnya masjid-masjid minimal 10 kali pasti buat bubur kanji. Itu sudah ada pendonor, mereka nanti bagi-bagi untuk masyarakat,” jelas perempuan yang akrab disapa Elvira.

Selain dibuat di masjid-masjid dan dibagikan secara gratis, bubur kanji rumbi ini juga bisa ditemukan di pasar-pasar takjil di sekitar Aceh.

Namun, tak begitu banyak pasar yang menjual bubur kanji rumbi, hanya beberapa tempat tertentu yang sudah terkenal.

Koki sedang memasak kanji rumbi di halaman Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (9/6/2016). KOMPAS.COM/MASRIADI Koki sedang memasak kanji rumbi di halaman Masjid Agung Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Kamis (9/6/2016).

Menurut Elvira, hal ini karena tak semua orang bisa dan mau untuk membuat bubur kanji rumbi ini.

Bubur kanji rumbi menggunakan cukup banyak campuran rempah aromatik yang bisa membuat cita rasa unik terhadap bubur tersebut.

Inilai yang membedakannya dari bubur-bubur di daerah lain.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X