Kompas.com - 16/06/2020, 17:05 WIB
Pelayanan paspor di kantor imigrasi pada masa New Normal. Dokumentasi Ditjen ImigrasiPelayanan paspor di kantor imigrasi pada masa New Normal.


JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Senin (15/6/2020), Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi kembali membuka layanan paspor untuk masyarakat di kantor imigrasi.

Sebelumnya, sejak 24 Maret 2020, Ditjen Imigrasi memberlakukan pembatasan layanan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang menjelaskan, ada adaptasi kenormalan baru di kantor imigrasi yaitu pemberlakuan protokol kesehatan yang akan secara ketat diterapkan.

"Selain itu, pelayanan untuk masyarakat umum dibatasi maksimal hanya 50 persen dari kapasitas normal," kata Arvin seperti dikutip rilis.

Baca juga: Bikin Paspor di Era New Normal, Tak Perlu Pakai Surat Bebas Covid-19

Masyarakat dapat kembali mengajukan permohonan paspor atau penggantian di seluruh kantor imigrasi Indonesia.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum masyarakat datang ke kantor imigrasi di era new normal.

ILUSTRASI - Pelayanan paspor di kantor imigrasi dengan protokol kesehatan new normal. Dok. Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi ILUSTRASI - Pelayanan paspor di kantor imigrasi dengan protokol kesehatan new normal.

Berikut lima hal yang harus diperhatikan sebelum datang ke kantor imigrasi di era new normal.

1. Jenis pelayanan paspor yang akan dilayani

Ditjen Imigrasi menjelaskan bahwa jenis pelayanan paspor yang tersedia di era new normal di antaranya bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

Melihat akun instagram Ditjen Imigrasi @ditjen_imigrasi, kantor imigrasi akan melayani lima jenis layanan paspor untuk WNI.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X