Bagaimana Teknologi Digital Bantu Museum pada Masa Pandemi?

Kompas.com - 09/07/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi museum - Koleksi patung yang terlihat di Galleria Borghese, Italia. SHUTTERSTOCKIlustrasi museum - Koleksi patung yang terlihat di Galleria Borghese, Italia.

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa museum di dunia sudah mulai beroperasi dan siap menyambut calon wisatawan pada era new normal.

Selain protokol kesehatan, persiapan yang dilakukan dalam menyambut kembali wisatawan semakin aman adalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Museum-museum di Belanda yang termasuk dalam National Museum of World Cultures, salah satunya Museum Volkenkunde, misalnya.

Museum tersebut memanfaatkan teknologi digital untuk pembelian tiket.

"Peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Belanda, pengunjung harus membeli tiket secara online,” kata Head of Exhibitions National Museum of World Cultures, Anne Marie Woerlee, dalam webinar bertajuk “Prospect of Reopening of Museums in the New Normal”, Rabu (8/7/2020).

Baca juga: 5 Museum Kemendikbud di Jakarta yang Buka Kembali

Mereka juga memanfaatkan kode QR untuk mengurangi penumpukkan di setiap koleksi yang ada.

Pengunjung hanya perlu mengunduh aplikasi yang dapat membaca kode QR, lalu memindai kode yang telah disediakan di setiap koleksi museum.

“Kode QR di setiap label koleksi agar pengunjung tidak berkerumun dan bisa membaca informasi terkait koleksi di mana saja. Kami juga sediakan Wi-FI gratis,” kata Woerlee.

Senada dengan hal tersebut, Pengarah Muzium Negara di Malaysia, Zamrul Amri bin Zakaria, menuturkan, mereka juga berlakukan kode QR bagi masyarakat untuk melakukan registrasi sebelum berkunjung.

Baca juga: Museum Sumpah Pemuda Sudah Buka, Ini Cara Berkunjung

Melalui kode tersebut, pengunjung akan diberikan kartu bernomor saat berkunjung. Kartu tersebut digunakan untuk membatasi kunjungan dalam satu waktu.

“Apabila selesai, kartu dimasukkan ke dalam kotak untuk disanitasi,” kata Zamrul dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, wisatawan juga dianjurkan untuk check-in dengan aplikasi MySejahtera sebelum memasuki museum.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X