Cerita Kesulitan Museum Terapkan Protokol Kesehatan New Normal

Kompas.com - 09/07/2020, 12:44 WIB
Museum Volkenkunde Museum VolkenkundeMuseum Volkenkunde

KOMPAS.com – Pandemi virus corona (Covid-19) membuat seluruh sektor dalam industri pariwisata menyusun dan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah adanya penyebaran virus.

Salah satu sektor pariwisata yang menerapkan protokol adalah museum. Protokol kesehatan merupakan hal penting selama era new normal, jika museum ingin beroperasi kembali

Namun, menerapkan protokol kesehatan di museum bukan perkara mudah. Salah satu contohnya adalah yang dialami oleh petugas di Museum Volkenkunde, Belanda.

“Para petugas menghabiskan lebih banyak waktu dari biasanya untuk memberikan informasi seputar protokol kesehatan yang ada,” kata Head of Exhibitions National Museum of World Cultures, Anne Marie Woerlee, dalam webinar bertajuk “Prospect of Reopening of Museums in the New Normal”, Rabu (8/7/2020).

Baca juga: Bagaimana Teknologi Digital Bantu Museum pada Masa Pandemi?

Woerlee menuturkan, mereka tidak memiliki banyak regulasi bagi calon wisatawan pada era new normal. Regulasi yang ada pun tertera secara daring saat calon wisatawan melakukan pemesanan tiket.

Sebelum memasuki area museum, calon wisatawan pun paham bahwa mereka harus mencuci tangan.

Namun, mereka tetap menghampiri petugas untuk bertanya seputar regulasi yang sudah ada saat mereka memesan tiket.

“Mereka pergi ke staf kami di pintu masuk. Para staf harus menjelaskan kembali lebih banyak seputar regulasi,” kata Woerlee.

“Biasanya, mereka hanya memberi tiket dan informasi. Namun kini memakan banyak waktu karena mereka harus menjelaskan seputar aturan jaga jarak,” imbuhnya.

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X