Catat, 5 Tempat Wisata di Bukit Menoreh Kulon Progo Buka Minggu Ini

Kompas.com - 14/07/2020, 09:37 WIB
Air Terjun Utama Kedung Pedut. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaAir Terjun Utama Kedung Pedut.

KULON PROGO, KOMPAS.com – Lima tempat wisata air terjun di Bukit Menoreh, Kulon Progo, akan buka kembali bagi wisatawan dalam waktu dekat. 

Adapun tempat wisata air terjun tersebut berada di jalur Pedukuhan Kutogiri–Gunung Kelir, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kelima tempat tersebut, seperti Kedung Pedut, Taman Wisata Sungai Mudal, Kembang Soka, Grojogan Sewu, dan Kedung Banteng.

"Rekomendasi bisa terbit 2-3 hari ke depan karena memerlukan evaluasi lintas sektor. Setelah rekomendasi maka bisa uji coba," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kulon Progo, Nining Kunwantari di Kedung Pedut, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Wisata di Kulon Progo, Coba Telusuri Goa Cerme Malam Hari

Nining mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mendorong semua tempat wisata untuk buka kembali secara terbatas.

Kebijakan ini untuk mendorong geliat ekonomi masyarakat yang sempat berhenti karena pandemi virus corona.

Pembukaan dianjurkan dilakukan dengan sangat hati-hati demi terhidar dari kemunculan klaster Covid-19 dari pariwisata di DIY.

Baca juga: Kamijoro, Taman Bendungan Paling Instagenic di Kulon Progo

Nining mengatakan, sebagai tahap awal akan ada simulasi dan rekomendasi. Simulasi untuk memantau kesiapan pengelola tempat wisata dalam menerima pengunjung.

Dalam simulasi juga ada penilaian apakah sebuah tempat wisata menerapkan protokol kesehatan, seperti tersedia berbagai tempat cuci tangan, physical distancing, pembatasan pengunjung.

Kemudian pembedaan jalur pengunjung datang dan keluar, ruang isolasi hingga soal kelengkapan APD.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X