Hasil Survei, Milenial Berani Ambil Risiko Berlibur di Tengah Pandemi

Kompas.com - 31/07/2020, 22:08 WIB
ILUSTRASI - Penumpang pesawat menunggu di bandara dengan menerapkan protokol social distancing. Shutterstock/People Image StudioILUSTRASI - Penumpang pesawat menunggu di bandara dengan menerapkan protokol social distancing.

 

KOMPAS.com – Generasi Y, dikenal sebagai millennial, lebih berani berlibur pada masa new normal dibandingkan generasi di atas maupun di bawahnya.

Hal ini berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Bloom Consulting, sebuah perusahaan yang kerap melakukan penelitian terkait pariwisata, terhadap sekitar 4.000 wisatawan dari Amerika, Eropa, dan Asia.

Survei tersebut dilakukan secara lintas generasi mulai dari Generasi X atau kelahiran sekitar tahun 1965-1980, Millennial atau kelahiran sekitar tahun 1981-1996, dan Generasi Z atau kelahiran sekitar tahun 1997–2010-an.

Baca juga: Tren Traveling, Slow Travel di Negara Sendiri

“Hasil yang mengejutkan adalah milenial lebih bersedia untuk berlibur. Mereka dapat dikatakan sebagai pengambil risiko,” kata Strategy Director of Bloom Consulting, Gonzalo Vilar.

Hal ini diungkapkan oleh Vilar dalam sesi webinar bertajuk “Planet Tourism Indonesia 2020”, Rabu (29/7/2020).

Dalam survei yang dilakukan pada April 2020, Bloom Consulting menanyakan tiga skenario terkait kondisi pandemi Covid-19.

ILUSTRASI - PelancongDok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf ILUSTRASI - Pelancong

Skenario pertama adalah saat virus sudah terkontrol dan tetap menjadi bagian dari kehidupan manusia, namun wisatawan bisa bepergian walaupun terdapat beberapa batasan.

Sementara skenario kedua adalah saat virus sudah hampir hilang dan metode penyembuhan sudah didapatkan. Skenario ketiga, virus sudah benar-benar hilang dan kehidupan kembali normal.

“Skenario ketiga, sebanyak 85 persen responden dari berbagai generasi akan bepergian. Skenario kedua, generasi Z lebih menahan diri. Millennial lebih bersedia untuk berlibur,” ungkap Vilar.

Baca juga: Survei: Mayoritas Orang Indonesia Bakal Traveling Saat New Normal Berlaku

Hal tersebut, tutur Vilar, merupakan sesuatu yang mengejutkan. Sebab, generasi muda dianggap lebih berani dalam mengambil risiko dibandingkan generasi yang lebih tua.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X