Kompas.com - 12/10/2020, 14:15 WIB
Suasana pantai Ancol yang lengang dan tak ada pengunjung berenang di pantai, Sabtu (27/6/2020). Pihak Ancol melarang adanya aktivitas berenang di pantai selama masa pandemi. KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYASuasana pantai Ancol yang lengang dan tak ada pengunjung berenang di pantai, Sabtu (27/6/2020). Pihak Ancol melarang adanya aktivitas berenang di pantai selama masa pandemi.


KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol kembali membuka operasional wisatanya mulai Senin (12/10/2020).

Pembukaan operasional ini dikarenakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mencabut rem darurat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat menjadi PSBB transisi.

Baca juga: Ancol Buka Lagi Saat PSBB Transisi, Wisatawan Non KTP DKI Boleh Masuk

Ada beberapa peraturan baru yang dilakukan oleh pihak Ancol, salah satunya adalah mengizinkan pengunjung berenang di pantai.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Dept Head Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/10/2020).

"Yang berbeda dari sebelumnya, kebijakannya, itu kita pengunjungnya diizinkan untuk berenang di area pantai. Tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Rika.

Baca juga: Ancol Buka Hari Ini, Dufan Bisa Dikunjungi dan Larangan Berenang di Pantai

Selain protokol kesehatan, lanjut dia, pihak Ancol juga telah menjamin keselamatan pengunjung dengan menyediakan penjaga pantai atau lifeguard.

Para penjaga pantai tersebut siap sedia menjaga seluruh aktivitas pengunjung pantai Ancol, mulai dari aktivitas piknik di sekitar pantai hingga berenang.

"Untuk kawasan kita memang 25 persen kapasitasnya. Jadi dari mulai pintu gerbang pun sudah ter-screening. Sudah bisa berenang tapi tetap dengan catatan mematuhi protokol kesehatan. Lalu physical distancing, area piknik yang di pasir itu tetap ada," jelasnya.

Baca juga: PSBB Transisi, Tempat Wisata Jakarta Buka dengan Kapasitas 25 Persen Pengunjung

Para pengunjung yang piknik di pantai Ancol juga wajib mengikuti protokol kunjungan yang berlaku. Salah satunya adalah menjaga jarak.

Pihak Ancol telah menyediakan clustering di pantai yaitu berupa kotak ukuran 4x4 dengan jarak dua meter agar tidak ada singgungan fisik antar keluarga pengunjung.

Pos penjaga pantai atau lifeguard di pantai Ancol, Jakarta Utara. Hadirnya lifeguard di masa pandemi tak hanya mengawasi tingkah laku pengunjung di pantai, namun juga memastikan penerapan protokol Covid-19 berjalan dengan lancar.KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA Pos penjaga pantai atau lifeguard di pantai Ancol, Jakarta Utara. Hadirnya lifeguard di masa pandemi tak hanya mengawasi tingkah laku pengunjung di pantai, namun juga memastikan penerapan protokol Covid-19 berjalan dengan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X