10 Tips Trekking Curug, Peregangan Otot hingga Alas Kaki yang Cocok

Kompas.com - 30/10/2020, 11:11 WIB
Pengunjung menikmati suasana di Curug Kembar di Kampung Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati wisata curug dan trekking menuju 3 destinasi curug yaitu curug cibuliar, curug kembar dan curug hordeng. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESPengunjung menikmati suasana di Curug Kembar di Kampung Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati wisata curug dan trekking menuju 3 destinasi curug yaitu curug cibuliar, curug kembar dan curug hordeng.


KOMPAS.com - Aktivitas wisata sudah bisa dilakukan kembali terutama ke tempat-tempat wisata alam. Aktivitas wisata alam yang menarik dilakukan salah satunya adalah trekking.

Wisatawan bisa trekking untuk mendaki gunung atau untuk sekadar menikmati keindahan alam di curug.

Trekking ke curug salah satunya bisa dilakukan dengan berkunjung ke Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kompas.com berkesempatan menjajal langsung trekking di sana pada Selasa (27/10/2020) pagi hingga siang hari.

Setelah menjajal dan merasakan langsung, ada beberapa hal yang perlu diketahui wisatawan yang ingin trekking ke sana.

Baca juga: Trekking 3 Curug di Sentul, Wisata Alam Hits di Bogor

Berikut Kompas.com rangkum tips-tips trekking ke Curug Ciburial, Curug Kembar dan Curug Hordeng:

Suasana di Curug Hordeng di Kampung Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati wisata curug dan trekking menuju 3 destinasi curug yaitu curug cibuliar, curug kembar dan curug hordeng.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Curug Hordeng di Kampung Cibereum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). Di kawasan ini pengunjung bisa menikmati wisata curug dan trekking menuju 3 destinasi curug yaitu curug cibuliar, curug kembar dan curug hordeng.

1. Pastikan kondisi cuaca aman

Sebelum memulai perjalanan ke tempat trekking, kamu harus memastikan terlebih dahulu cuaca di sekitar tempat tersebut.

Cuaca terbaiknya adalah pada saat tidak mendung atau turun hujan. Apabila sehabis turun hujan, maka medan trekking yang akan kamu lalui semakin berat.

Jalan berupa tanah akan menjadi lebih licin dan bisa membuatmu terjatuh. Selain itu, jika turun hujan, kamu tidak bisa menikmati kesegaran alam curug misalnya bermain air atau berenang.

Kamu akan lebih banyak berteduh untuk menunggu hujan reda.

Baca juga: Aktivitas Wisata di 3 Curug Kawasan Sentul, Berenang hingga Selfie

2. Kondisi tubuh prima

Selain memastikan kondisi cuaca, kamu juga perlu memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan bugar.

Artinya, kamu tidak dalam kondisi tidak enak badan. Terlebih di masa pandemi, kamu tidak boleh bepergian jika mengalami demam atau menunjukkan gejala Covid-19.

Jika bersuhu badan lebih dari 37,3 derajat celsius akan lebih baik untuk menunda perjalanan dan memulihkan kondisi tubuh terlebih dulu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X