Pantai Menye, Danau Laut Tawar di Aceh Tengah

Kompas.com - 30/10/2020, 12:16 WIB
Pantai Munye, di Desa Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (28/7/2020). KOMPAS.com/MASRIADI Pantai Munye, di Desa Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (28/7/2020).

ACEH TENGAH, KOMPAS.com – Dua mobil pribadi menepi di pinggir jalan mulus Desa Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (28/7/2020).

Di sisi kanan berdiri bangunan berkontruksi kayu berwarna coklat.

Di depan bangunan itu dibangun berbentuk melengkung seperti perahu menjorok ke Danau Laut Tawar, sebagian menyebutnya Danau Lut Tawar. Namanya Pantai Menye.

Menye merupakan salah satu pantai paling populer di dataran tinggi Gayo. Oleh karena itu, tidak lengkap ke Aceh Tengah, jika belum berfoto di destinasi yang instagramable ini. 

Baca juga: Danau Laut Tawar di Aceh Tengah, Wisata Sambil Naik Speed Boat

Semilir angin sejuk khas dataran tinggi menyambut pengunjung. Menariknya, ini satu-satunya destinasi wisata danau yang memiliki bagian pinggir dangkal. Sehingga bisa digunakan untuk berenang anak-anak.

Untuk menuju destinasi itu, butuh waktu sekitar 50 menit dari Kota Takengon, Aceh Tengah. Jika bingung, maka bertanya saja pada masyarakat di pusat kota.

Dari kota, pilihlah jalur ke kanan. Ikuti jalan itu menuju arah Kecamatan Bintang.

Sepanjang jalan mendaki dan menurun. Harus membawa kendaraan dengan kecepatan sedang. Pasalnya, di sisi kiri-kanan kerap ada tikungan patah.

Namun, jangan khawatir, jalanan aspal nan mulus. Jika pun ada lubang, sudah ditambal oleh pemerintah setempat.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Alam di Aceh, Cocok untuk Libur Akhir Pekan

Pantai Munye, di Desa Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (28/7/2020). KOMPAS.com/MASRIADI Pantai Munye, di Desa Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (28/7/2020).
Tempat wisata di Aceh Tengah ini dibangun pemerintah setempat, namun pengelolaannya diserahkan ke Kelompok Sadar Wisata (KSW) di desa itu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X