25 Wisata Garut, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Kompas.com - 30/10/2020, 17:05 WIB
Pantai Santolo Garut DOK. Disparbud Kab. GarutPantai Santolo Garut

KOMPAS.comGarut merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu dodol. Namun, Garut ternyata juga memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Pesona wisata Garut menawarkan panorama yang indah dan asri, dan tentunya tak kalah dengan wisata di daerah lainnya.

Mulai dari wisata alam sampai sejarah, semua dapat ditemukan di Kabupaten Garut. Berikut Kompas.com merangkum 25 tempat wisata di Kabupaten Garut:

1. Pantai Sayang Heulang

Selain menjadi wisata alam, Pantai Sayang Heulang juga termasuk dalam wisata budaya dan religi. Lokasinya ada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Daya tarik dari pantai ini adalah pasir pantai yang putih, hamparan karang, sasak rawayan, bukit teletubbies, bukit karang, dan Makam Prabu Geusan Ulun.

Berada tak jauh dari Pantai Santolo, pantai ini menawarkan suasana pantai yang asri dan aktivitas menarik.

Pantai Sayang Heulang GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Pantai Sayang Heulang Garut

Di pantai ini, pengunjung dapat berjalan-jalan menyusuri pantai, bermain voli pantai, sepak bola, snorkeling, sampai berkemah di pinggir pantai.

Dengan keindahan Pantai Sayang Heulang, pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan mengambil foto dengan latar yang cantik dan instagramable.

Fasilitas di Pantai Sayang Heulang juga sudah tersedia, antara lain area parki, mushola, toilet, kamar mandi, rumah makan, dan penginapan.

Harga tiket masuk Pantai Sayang Heulang adalah Rp 10.000 per orang. Biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Bukit Teletubies Sayang Heulang

Bukit Teletubies Sayang Heulang atau biasanya disebut Bukit Pogor berada dalam satu kawasan pantai Sayang Heulang, tepatnya terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Bukit ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa cantik dipenuhi hamparan rumput hijau. Kedua mata akan disajikan pemandangan berupa pegunungan berpadu dengan langit biru dan laut biru yang membentang luas.

Bukit teletubies Garutvisitgarut.garutkab Bukit teletubies Garut

Dari atas bukit, pengunjung juga dapat menikmati pesona matahari terbit dan terbenam. Dengan pesona alam yang disajikan ini, menawarkan latar foto yang cantik dan instagramable.

Adapun, harga tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga: Tempat Wisata Baru Garut, Wisata Alam Leuwi Daleum

Harga tiket sudah termasuk memasuki area Pantai Sayang Heulang, Bukit Teletubbies, dan gumuk pasir batu karang.

3. Pantai Santolo

Pantai Santolo salah satu pantai populer di Garut. Lokasinya ada di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tempat wisata ini menawarkan pasir pantai yang putih juga lembut dan pemandangan asri nan eksotis.

Di pantai ini, pengunjung dapat bermain air di bibir pantai, memancing, naik banana boat, berkunjung ke pulau terdekat dengan perahu, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan sunrise juga sunset.

Pantai Santolo
visitgarut.garutkab Pantai Santolo

Tak perlu khawatir soal makanan, pengujung juga dapat berwisata kuliner dengan menikmati hidangan laut di warung makan.

Fasilitas di pantai ini telah tersedia mulai area parkir, toilet, warung makan, penyewaan banana boat dan perahu, sampai penginapan. Adapun, harga tiket masuk Pantai Santolo adalah Rp 7.500 per orang.

4. Pantai Karang Papak

Pantai Karang Papak berada tak jauh dari Pantai Santolo, tepatnya terletak di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.

Pantai ini masih belum populer. Meski begitu, di sini tersaji panorama alam yang cantik dengan hamparan pasir putih dan karang.

Pantai Karang Papakvisitgarut.garutkab Pantai Karang Papak

Pengunjung tidak dapat berenang di pantai ini. Namun, mereka dapat memancing, membeli ikan, menyantap kuliner, bersantai menikmati pesona sunset, berfoto dengan latar yang cantik, sampai berkemah.

Untuk menunjang kunjungan wisata, fasilitas pantai ini juga terus dibangun, seperti ada toilet, warung, kamar mandi, dan area parkir. Pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk untuk memasuki Pantai Karang Papak

5. Talaga Bodas

Taman Wisata Alam Telaga Bodas berupa kawah berbentuk danau dengan air berwarna putih.

Wisata alam ini memiliki luas 23,85 hektar yang terletak di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut.

Berada di ketinggian 1.512 meter di atas permukaan laut (mdpl) di lereng Gunung Galunggung, Talaga Bodas menawarkan pemandangan yang indah berupa perbukitan.

Kawah Talaga Bodas GarutDOK. Disparbud Kab. Garut Kawah Talaga Bodas Garut

Di Talaga Bodas, pengunjung dapat beraktivitas, seperti trekking, hiking, piknik, mandi di kolam air panas, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

Sementara itu, tersedia fasilitas seperti area parkir, toilet, saung, mushola, warung makan, dan ruang ganti.

Baca juga: Benarkah Tempat Wisata di Garut Bakal Ditutup Lagi?

Harga tiket masuk Talaga Bodas adalah Rp 10.000 per orang pada hari biasa dan Rp 15.000 per orang pada hari weekend.

6. Curug Batu Nyusun

Salah satu curug yang populer di Garut adalah Curug Batu Nyusun. Lokasinya ada di Kampung Cikuda, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut.

Curug ini menawarkan pemandangan memukau dari tebing dengan bongkahan batu besar yang tersusun dan menjulang tinggi.

Curug Batu Nyusun Garutvisitgarut.garutkab Curug Batu Nyusun Garut

Pemandangan di Curug Batu Nyusun juga sangat asri dengan udara yang sejuk dan air jernih juga menyegarkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengambil foto instagramable. Harga tiket masuk sebesar di curug ini adalah Rp10.000 per orang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X