Thailand Buka untuk Turis Asing, Indonesia Termasuk?

Kompas.com - 11/11/2020, 12:40 WIB
Ilustrasi Thailand - Kepulauan Phi Phi. SHUTTERSTOCKIlustrasi Thailand - Kepulauan Phi Phi.


KOMPAS.com – Thailand kembali membuka perbatasan mereka untuk turis asing sejak awal Oktober 2020.

Lewat kebijakan Special Tourist Visa (STV), Thailand mengizinkan wisatawan mancanegara untuk liburan di Thailand untuk jangka waktu panjang.

Jangka waktunya mulai dari 60 – 90 hari yang bisa diperpanjang hingga dua kali dengan total masa berlaku visa mencapai 270 hari.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Apakah Indonesia termasuk dalam kebijakan STV ini?

Menurut Public Relations Officer dari Tourism Authority of Thailand (TAT), Indonesia Office Stephanie Valencia mengatakan bahwa sejauh ini Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin ke Thailand dengan tujuan wisata masih belum bisa.

“Saat ini kan pemerintah Indonesia masih belum buka penerbangan Internasional untuk tujuan wisata. Kecuali beberapa destinasi dengan perjanjian tertentu seperti Turki,” papar Stephanie ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Thailand Buka Akses Visa untuk Negara Rendah Risiko Covid-19

Bagaimana dengan Indonesia?

Saat ini, pemerintah Indonesia juga belum memperbolehkan penerbangan internasional dengan tujuan wisata ke Thailand. Maka dari itu WNI masih belum bisa mendaftarkan diri untuk pengajuan STV.

“Dan memang rasanya STV kurang cocok dengan wisatawan Indonesia yang rata-rata tinggalnya di bawah 14 hari (di Thailand),” terang Stephanie.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X